Apa Itu Oat Milk? Kenali Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Kamu

JABAR EKSPRES- Apa itu Oat milk? Oat milk Semakin menjadi populer sebagai pengganti susu sapi dalam kopi yang dijual di berbagai coffee shop saat ini. Pada Selasa, 13 Juni 2023, sebuah video yang membahas tentang bahaya oat milk viral di media sosial dan menjadi perbincangan di Twitter.

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa susu ini komersial yang dijual dipasaran memiliki sejumlah dampak negatif. Harganya biasanya lebih mahal, sementara jumlah oat yang digunakan sangat minimal dan sisanya adalah air. Selain itu, campurannya juga mengandung penstabil, kalsium karbonat, dan canola oil yang dapat menyebabkan radang karena tinggi kandungan omega 6.

Namun, melansir Healthline,  susu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi kesehatan jantung dan tulang.

BACA JUGA: Selain Untuk Diet, Ini Manfaat Oat Milk Bagi Kesehatan Tubuh!

Oat milk terbuat dari gandum, air, dan beberapa bahan tambahan. Karena teksturnya yang lembut, oat milk menjadi favorit barista dalam pembuatan kopi latte.

Keunggulannya adalah kecocokannya bagi orang yang sedang diet dan orang yang memiliki alergi makanan tertentu, karena secara alami bebas dari susu, laktosa, kedelai, dan kacang-kacangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa oat bebas gluten, tetapi sering diproses di fasilitas yang sama dengan biji-bijian yang mengandung gluten, sehingga ada potensi kontaminasi silang. Oleh karena itu, bagi yang sensitif terhadap gluten atau memiliki penyakit celiac, disarankan untuk memilih oat milk bebas gluten bersertifikat.

Satu cangkir atau 240 gram oat milk mengandung sekitar 120 kalori, 5 gram lemak, 16 gram karbohidrat, 3 gram protein, dan 2 gram serat pangan.

Cara membuat oat milk sendiri cukup mudah dan hemat. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 cangkir gandum gulung atau potongan dengan 3 cangkir air dingin selama 30 detik. Lalu, saring campuran tersebut dengan menggunakan kain katun tipis untuk memisahkan susu dari oat. Anda juga bisa menambahkan berbagai bahan seperti garam, ekstrak vanila, kayu manis, kurma, sirup maple, atau madu sebelum diblender untuk memberikan rasa yang telah dibuat dapat disimpan di kulkas hingga 5 hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan