Youtuber Pratiwi Novianthi Meradang, Anak Asuhnya Diambil Paksa Dinsos

JABAR EKSPRES – Youtuber Pratiwi Novianthi yang merupakan penggiat sosial yang peduli dengan orang-orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tersandung masalah, beberapa anak asuh yang sudah dirawatnya diambil paksa oleh Dinsos Tangerang.

Dalam akun Instagram @pratiwinoviyanthi_real , Pratiwi Novianthi membagikan proses pengambilan paksa bayi-bayi anak asuh tersebut dari yayasannya yang bernama Yayasan Rumah Peduli Kemanusiaan miliknya pada Senin (31/7).

Dia mengaku kesal dan kecewa dengan aturan hukum yang kini membuatnya kehilangan orang-orang yang sudah ditolongnya tersebut.

Dia mengaku selama ini telah merawat anak-anak yang dilahirkan dari ODGJ yang ditolongnya. Dia bahkan menyebut seperti apa pengorbanannya yang harus mengurusi mulai dari mereka hamil, membayar seluruh biaya melahirkan hingga ada yang operasi sesar, juga merawat dan memenuhi semua kebutuhan bayi dan ibunya.

Saat melihat bayi-bayi tersebut dibawa masuk mobil, dia sempat menangis dan masih melakukan protes agar anak-anak tersebut tidak dibawa pergi dari yayasannya.

Baca juga :  Ponpes di Jombang Fasilitasi Puluhan ODGJ Berpondok Ramadhan

“Dari mulai hamil, biaya transportasi, biaya sesar, santunan untuk keluarganya semuanya saya yang tanggung, tapi kenapa malah begini,” ujarnya dihadapan petugas dinsos yang akan membawa anak-anak asuhnya.

Alasan Dinsos mengambil anak asuh bayi-bayi yang dirawatnya disebutkan karena masalah prosedur dari legalitas yang dimiliki Yayasan Pratiwi Novianthi. Karena tidak menyebutkan adalah pengasuhan terhadap bayi-bayi tersebut.

“Mereka menanyakan soal legalitas kita, alhamdulillah legalitas kita ada,” ujar Pratiwi.

Selama ini Yayasan tersebut mengurus ODGJ yang terlantar dijalan, termasuk ODGJ yang ditemukan hamil. Karenanya yayasan tersebut sekaligus merawat anak-anak dari ODGJ yang hamilnya tidak jelas dengan siapa dan tidak ada yang bertanggung jawab tersebut.

“Kok gak ada pertanyaan, berapa ODGJ yg udah kita rawat selama ini?? Biaya rawat RSJ gak gratis, biaya lahiran sesar gak gratis!!!” ungkapnya

Unggahan tersebut kini viral dan mendapatkan banyak respon dari masyarakat yang ikut menyesalkan sikap dari Dinsos tersebut.

Baca juga : Dinsos Kota Bogor Angkut ODGJ yang Tergeletak di Pinggir Jalan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan