Doa dan Tips Agar Segera Mendapat Pekerjaan

JABAR EKSPRES – Untuk mencapai keinginannya dan memenuhi kebutuhannya manusia butuh sebuah pekerjaan. Dengan pekerjaan ini maka manusia bisa menghasilkan karya. Lalu bagaimana bila belum juga memiliki pekerjaan, Ada sebuah doa yang layak untuk dipanjatkan agar segera mendapat pekerjaan.

Untuk mendapatkan pekerjaan yangs esuai dengan keinginan kita, perlu perjuangan untuk mencapainya. Misalnya dengan menyesuaikan pendidikan yang kita tempuh dengan pekerjaan impian kita, hal itu menajdi salah satu ihtiar, dan satu lagi yang paling penting adalah berdoa agar segera mendapat pekerjaan.

Pekerjaan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Bagi seorang Muslim, mencari pekerjaan yang sesuai dengan ajaran agama dan sunnah Rasulullah merupakan tujuan yang diinginkan.

Selain sesuai dengan ajaran agama, perlu juga memilih pekerjaan yang kita sukai. Sehingga dalam melakukan pekerjaan bisa lebih menikmati dan bisa fokus untuk menghasilkan kinerja terbaiknya.

Berikut ada beberapa tips dan doa untuk mendapat pekerjaan sesuai sunnah berdasarkan referensi dari buku-buku dan pernyataan para ahli.

1. Memperbarui Keterampilan dan Pengetahuan

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, penting bagi kita untuk terus memperbarui keterampilan dan pengetahuan kita. Oleh karenanya sangat penting meningkatkan pembelajaran sepanjang hayat dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan.

Dalam mencari pekerjaan sesuai sunnah, kita perlu memperhatikan kemampuan yang diperlukan dan meningkatkan diri melalui pelatihan dan pendidikan yang relevan.

Baca juga :  Agar Segera Diijabah, Baca Dzikir ini Sebelum Memanjatkan Doa

2. Membangun Jaringan dan Hubungan yang Baik

Membangun jaringan dan hubungan yang baik merupakan salah satu kunci sukses dalam mencari pekerjaan. Hal ini sangat penting, karena dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang, terutama yang memiliki pemahaman dan praktik yang sesuai dengan ajaran agama, maka dapat membantu kita menemukan peluang kerja yang tepat.

3. Berdoa dengan Istikharah

Doa Istikharah adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya untuk meminta petunjuk Allah dalam mengambil keputusan. Doa Istikharah yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ، اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ

ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu pilihan terbaik berdasarkan ilmu-Mu, dan aku memohon kepada-Mu kekuatan berdasarkan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu limpahan karunia-Mu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak berdaya, dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau-lah yang Mahamengetahui segala hal yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan urusan yang ingin diputuskan) adalah yang terbaik bagi agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah jalannya bagiku, dan berikanlah berkah di dalamnya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah yang buruk bagi agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka jauhkanlah urusan tersebut dariku, dan jauhkanlah diriku dari urusan tersebut. Takdirkanlah untukku kebaikan di mana saja ia berada, kemudian berikanlah kepuasan kepadaku.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan