Cara Mengolah Telur yang Benar Agar Aman dari Kolesterol Jahat

JABAR EKSPRES – Mengonsumsi telur banyak dipercaya orang menjadi salah satu pemicu naiknnya kadar kolesterol dalam darah. Karenanya banyak yang menghindarinya dan bahkan sama sekai tidak berani memakannya. Padahal ada beberapa cara mengolah telur agar tidak sampai membuat kolesterol naik.

Naiknya kadar kolesterol dalam darah tidak selamanya disebabkan oleh teur, namun bisa dari cara mengolahnya atau campuran bahan didalamnya. Karenanya perlu diperhatikan bagaimana caranya mengolah telur yang benar agar kadar kolesterol tetap stabil.

Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik untuk tubuh apalagi jika masih dalam masa pertumbuhan. Namun untuk penderita kolesterol, telur memang tidak bisa sembarangan dikonsumsi, harus ada batasan dan tahu cara yang benar dalam mengonsumsinya.

Salah satu cara agar telur aman dikonsumsi, adalah dengan mengetahui cara mengolahnya yang benar. Yakni dengan cara yang sehat, seperti direbus atau dimasak dengan minyak zaitun. Bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan sehat lain yang tinggi serat seperti sayuran.

Baca juga :  Mitos Telur Jadi Musuh Penderita Kolesterol, Benarkah? Simak di Sini!

Berikut beberapa cara mengolah telur agar lebih sehat dan aman dari kolesterol seperti dilansir dari Healthline, :

1. Minimalisir penggunaan minyak.

Agar lebih sehat, kurangi atau hindari menggunakan minyak dalam mengolah telur, kamu bisa memasaknya menggunakan wajan atau penggorengan anti lengket yang bisa menggoreng telur tanpa minyak. Atau bisa juga masak telur dengan cara direbus tanpa harus digoreng.

2. Campur telur dengan sayuran

Agar kandungan gizinya semakin kaya, masak telur dengan menambahkan sayuran didalamnya. Hal ini dimaksudkan untuk menambah serat dan vitamin ke dalam menu makanan.

Kamu bisa pilih mengolah telur seperti gado-gado, selat segar, atau roti isi sayur dan telur. Atau bisa juga membuat telur orak arik sayur, atau campurkan sayuran dalam telur dadar.

Baca juga : Mitos Makan Telur Membuat Kolesterol Tinggi, Cek Faktanya!

3. Goreng telur dengan minyak sehat dan panas stabil

Jika sesekali ingin menggoreng telur dengan minyak, maka pilih minyak yang sehat, seperti minyak sayur, minyak jagung, canola, atau zaitun. Goreng telur dalam suhu api stabil agar tidak mudah teroksidasi dan menjadi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan