Benarkah Berbahaya Minum Es Teh Setelah Makan Bakso? Ini Penjelasannya

JABAR EKSPRES- Tidak dianjurkan untuk minum es teh setelah makan bakso karena terdapat beberapa bahaya yang diungkapkan oleh ahli gizi. Menurut Diajeng Anjalna Gakusha A. Md. Gz, yang juga merupakan pendiri Ruang Gaizi Indonesia, ada beberapa zat gizi yang sebaiknya dihindari saat dikonsumsi bersamaan, yaitu kafein, tanin, dan zat besi.

“Bakso itu tinggi protein dan zat besi, sedangkan di reh itu ada zat gizi yang namanya tanin,” jeasl Diajeng, dikutip dari laman Kompas, Senin (5/6/2023).

BACA JUGA: Cek Fakta Bahaya Minum Es Teh Setelah Makan Bakso!

Bakso mengandung zat besi yang tinggi, sedangkan teh mengandung zat gizi yang disebut tanin. Tanin dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu, saat makan protein seperti bakso, sebaiknya hindari mengonsumsi teh.

“Tanin itu akan menghambat penyerapan zat besi itu tadi. Makanya kenapa kita dianjurkan saat makan protein itu menghindari konsumsi teh,” jelas Diajeng.

Sebenarnya, minum teh setelah makan bakso tidak menyebabkan masalah besar bagi sebagian besar orang. Kandungan tanin dalam satu gelas teh umumnya tidak cukup besar untuk menghambat penyerapan protein dalam tubuh. Namun, bagi mereka yang memiliki defisiensi zat besi, kebiasaan ini dapat menjadi masalah.

“Tanin itu akan menghambat penyerapan zat besi itu tadi. Makanya kenapa kita dianjurkan saat makan protein itu menghindari konsumsi teh,” jelas Diajeng.

BACA JUGA: Rekomendasi Kado Girlfriend Day Mudah Dicari untuk Sahabat Perempuan

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami defisiensi zat besi. Selain itu, perlu diingat bahwa minum teh selama atau setelah makan dapat mengurangi kadar katekin, senyawa pemberi rasa pahit dalam teh yang memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk kesehatan.

Demikianlah penjelasan mengenai bahaya minum es teh setelah makan bakso. Penting untuk tetap memperhatikan asupan gizi yang seimbang dan jika ada kondisi kesehatan khusus, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan