Bentuk-bentuk Shodaqah Yang Belum Banyak Diketahui Orang

JABAR EKSPRES – Shodaqah merupakan salah satu bentuk amalan yang sangat disukai Allah. Shodaqah atau sedekah ini banyak dikonotasikan dengan memberikan materi yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan, padahal bentuk-bentuk sedekah ada banyak, dan masih belum diketahui secara umum.

Shodaqah tidak selalu berbentuk materi seperti harta, namun bisa juga berupa bantuan baik fisik maupun pemikiran, ide atau gagasan. Bahkan senyuman yang tulus kepada orang lain juga bisa disebut dengan ibadah.

Keutamaan atau manfaat shodaqoh bahkan sudah bisa dirasakan sejak manusia masih hidup didunia, tanpa harus menunggu hingga ke akhirat kelak. Beberapa keutamaan danmanfaat tersebut diantaranya menajdi lebihd ekat dengan Allah.

Selain itu dengan sering bersedekah, maka Allah akan menghapuskan dosa-dosa kita, menjauhkan dari bencana dan dibukanya pintu rejeki. Selain itu, dengan banyak besedekah, maka manusia akan memiliki kepekaan dan kepedulian dengan sesamanya.

Baca juga :Keutamaan Sedekah di Hari Jumat dan Tingkatan Sedekah Menurut Hadits

Bahkan rasa bahagia juga bisa didapat dengan banyak bersedekah, yakni saat ornag yang kita bantu menjadi bahagia, maka kebahagiaan itu menular pada orang yang seering berbagi.

Hal ini berlaku selama shodaqah dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan dari manusia, tetapi semata-mata mencari keridhaan Allah SWT.

Untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk Shodaqah dari sedekah yang belum banyak diketahui orang, simak penjelasan berikut ini:

1. Shodaqah Fitr

Sadaqah Fitr adalah sadaqah yang wajib diberikan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Sadaqah ini diberikan kepada fakir miskin agar mereka juga dapat merayakan hari kemenangan dengan layak.

2. Shaodaqah Jariyah

Shodaqah Jariyah adalah amal kebajikan yang terus memberi manfaat setelah kita meninggal dunia. Misalnya, membangun sumur, masjid, atau sekolah yang akan terus memberikan manfaat bagi umat manusia selama bertahun-tahun.

3. Sadaqah Harian

Sadaqah harian adalah bentuk sadaqah yang diberikan secara rutin setiap hari. Meskipun jumlahnya kecil, tetapi ketekunan dalam memberikan sadaqah harian dapat mengumpulkan pahala yang besar.

4. Shodaqah Jumlah Besar

Sadaqah jumlah besar adalah bentuk sadaqah yang diberikan dalam jumlah besar, seperti memberikan bantuan kepada lembaga amal atau organisasi yang membantu orang-orang yang membutuhkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan