Manfaat Menjadi Ahli sedekah atau Dermawan dalam Islam

JABAR EKSPRES – Menjadi seorang yang dermawan atau rajin bersedekah ternyata tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, tapi juga untuk dirinya sendiri. Dalam Islam, menjadi ahli sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan dihargai tinggi oleh Allah SWT.

Banyak ayat dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW yang menekankan tentang keutamaan dan keberkahan dalam bersedekah. Bahkan ada yang menyebut sekali bersedekah bisa mendatangkan rejeki hingga 700 kali lipat dari yang dikeluarkannya.

Beberapa ayat dari Al-Qur’an dan hadits yang menyebutkan tentang keutamaan menjadi dermawan dalam Islam, bisa kamu lihat dibawah ini:

1. Al-Qur’an:

– “Barangsiapa yang memberi pinjaman kepada Allah (berbuat kebajikan), niscaya Allah akan melipatgandakan pembayaran (balasan) kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 245)

Baca juga : 7 Manfaat Sedekah Bagi Umat Muslim, Nomer 5 Paling Disukai

– “Orang-orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah [9]: 71)

2. Hadits:

– Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tujuh golongan manusia yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya yaitu: … seseorang yang memberikan sedekah dalam keadaan orang tersebut tidak mengetahui tangan kanannya memberikan apa yang diberikan oleh tangannya kiri.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

– Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ada tujuh amal yang terus mengalir untuk seseorang setelah meninggal dunia, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah (yang terus memberi manfaat), ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh untuk orang tuanya.” (HR. Muslim)

– Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memberi makan seorang yang berbuka, baginya pahala seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At-Tirmidzi)

Baca juga : Sedekah Sebagai Tanda Rasa Syukur Ketika mendapat Rezeki

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan