Keutamaan Qobla Subuh, Kunci Mendapatkan Berkah Pagi

JABAR EKSPRES- Qobla Subuh, atau yang lebih dikenal dengan “Shubuh Qablal Fadhilah,” adalah waktu suci yang sangat dihargai dalam agama Islam.

Artikel ini akan membahas tentang keutamaan Qobla Subuh dan pentingnya memanfaatkannya untuk mendapatkan berkah di pagi hari.

Mengenal Qobla Subuh

Qobla Subuh adalah waktu antara waktu subuh (waktu shalat Subuh) dengan waktu terbit matahari.

Ini adalah waktu yang sangat istimewa dalam agama Islam, dan dalam banyak hadis, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk berdoa, berdzikir, dan beribadah di waktu ini.

BACA JUGA : Bukan Hanya Puasa, Amalan ini Juga Berpahala besar jika dilakukan di Hari Asyura

Keutamaan Qobla Subuh

Berada di Jaminan Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menambahkan bagi kalian doa yang diterima pada pagi hari ketika kalian hendak menunaikan salat subuh dalam jamaah.” (HR. Ibnu Majah).

Maka, orang yang berada dalam keadaan suci di waktu itu berada dalam jaminan dan perlindungan Allah.

Berkah Pagi

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjanjikan berkah bagi orang yang bangun di waktu Qobla Subuh.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berdoalah kalian pada waktu shubuh, karena itu adalah waktu yang paling utama untuk berdoa.” (HR. Muslim).

Mendapatkan Keberkahan Rizki

Bangun di waktu Qobla Subuh dan berdoa serta beribadah di waktu tersebut dapat membawa berkah bagi rezeki seseorang.

Allah menyatakan dalam Al-Quran, “Dan berdoalah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang, karena di waktu itu rezeki seorang yang mati terbukti kebenarannya.” (Q.S. Ar-Rum [30]: 17).

Menghilangkan Rasa Lemah

Bangun di waktu Qobla Subuh dan melaksanakan ibadah di pagi hari dapat memberikan energi dan semangat pada tubuh dan jiwa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada beban yang lebih ringan di dalam timbangan seorang mukmin di hari kiamat daripada kebaikan akhlak. Sesungguhnya Allah membenci orang yang kotor dan berkata kasar.” (HR. Tirmidzi).

Mendapatkan Pahala Sunnah

Bangun di waktu Qobla Subuh dan melaksanakan shalat sunnah, seperti shalat Duha atau tahajjud, memberikan pahala yang besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan