Rekomendasi Vitamin Penurun Gula Darah

JABAR EKSPRES- Gula darah yang tinggi atau diabetes adalah masalah kesehatan serius yang memerlukan penanganan yang tepat, salah satunya adalah dengan vitamin penurun gula darah.

Bisa juga dengan cara  diet yang seimbang, gaya hidup sehat, dan penggunaan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Beberapa vitamin penurun gula darah  yang diyakini dapat berperan dalam penurunan gula darah adalah:

1. Vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur gula darah.

BACA JUGA : Buah Ara dan Buah Zaitun, Manfaat Kesehatan yang Menakjubkan

Mendapatkan cukup paparan sinar matahari atau mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D seperti ikan berlemak, kuning telur, dan susu diperkirakan dapat membantu mengatur kadar gula darah.

2. Vitamin B-complex

Beberapa vitamin B, seperti vitamin B3 (niasin) dan vitamin B7 (biotin), diyakini berperan dalam metabolisme karbohidrat dan mengatur gula darah. Makanan yang kaya vitamin B-complex termasuk kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur.

3. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran dalam mengurangi resistensi insulin dan dapat membantu mengurangi peningkatan gula darah setelah makan. Buah-buahan dan sayuran yang tinggi vitamin C seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan paprika merah merupakan sumber yang baik.

4. Magnesium

Meskipun bukan vitamin, magnesium adalah mineral yang penting dalam mengatur gula darah dan sensitivitas insulin. Konsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah.

BACA JUGA : 5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah, Salah Satunya untuk Diet!

Penting untuk diingat bahwa mengonsumsi vitamin atau suplemen saja tidak cukup untuk mengatasi masalah gula darah atau diabetes. Perubahan gaya hidup

Seperti diet sehat, olahraga teratur, dan manajemen stres, sangat penting untuk mencapai penurunan gula darah yang efektif.

Selain itu, sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan kebutuhan Anda dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan