5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah, Salah Satunya untuk Diet!

JABAR EKSPRES – Kacang merah merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki banyak manfaat. Warna dan bentuk kacang merah umumnya menyerupai ginjal. Biji-bijan ini sangat mudah ditemukan sehari-hari.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kacang merah sangat kaya, di antaranya terdiri dari protein, serat, kalium, magnesium, vitamin B, karbohidrat, dan lainnya.

Kacang merah banyak digunakan sebagai sayur, selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, biji-bijian ini juga bisa dimanfaatkan untuk program diet.

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi kacang merah? Simak ulasannya dengan lengkap berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau: Sumber Gizi yang Kaya dan Berkhasiat

5 Manfaat Kacang Merah

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein dan serat dalam kacang merah berperan penting untuk mengontrol nafsu makan. Sehingga hal ini akan dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, kandungan pada kacang merah juga akan lebih lama terproses dalam pencernaan. Sehingga jika memakannya akan merasa kenyak dalam waktu yang lebih lama.

2. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Tidak hanya kandungan protein dan seratnya yang kaya, terdapat molibdenum yang berfungsi untuk mengeluarkan racun maupun zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh.

Saat kadar zat berbahaya dalam tubuh rendah, hal ini membuat proses penyerapan nutrisi lebih optimal terutama saat melakukan diet.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Kacang Tanah Berlebihan Ya, Ini Bahayanya!

3. Membantu mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam kacang merah dapat berperan dalam mengatasi masalah sembelit atau konstipasi. Adapun sembelit menjadi tanda proses metabolisme tubuh yang berjalan dengan lambat.

4. Dapat menurunkan risiko kanker

Berbagai komponen penting dalam kacang merah seperti lignan, saponin, pati resisten, dan antioksidan berguna untuk menurunkan risiko kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.

5. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Untuk menurunkannya, kamu bisa mengonsumsi kacang merah dengan rutin.

Melansir The Journal of Nutrition yang dikutip dari laman Halodoc, jika rutin mengonsumsi kacang merah sebanyak 180 gram, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa memicu penyakit berbahaya, seperti gangguan jantung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan