Ingat, Besok Puasa Tasua’ Jangan Lupa Sahur, Begini Bacaan Niatnya

JABAR EKSPRES – Ada dua puasa sunah di bulan Muharam yang sangat diistimewakan, karena besarnya keutamaan yang dijanjikan. Yakni puasa Tasua dan Puasa Asyura. Kedua puasa ini merupakan puasa sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharam ini. Meski  ada puasa sunah lain yang juga penting seperti Ayyamul Bidh atau puasa sunah senin kamis.

Dua puasa ini  akan  dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Muharam, atau pada kalender masehi, puasa Tasua  akan dilaksanakan pada  dihari kesembilan yakni akan jatuh pada besok Kamis 27 dan puasa Asyura pada 28 Juli 2023.

Untuk melaksanakan puasa ini, perlu diketahui dulu sejarahnya, karena awalnya puasa di bulan Muharam hanyalah puasa Asyura, namun karena umat yahudi juga melaksanakan puasa yang sama, sehingga Rosulullah menganjurkan untuk menambah  satu puasa lagi sebelum puasa asyura, yakni puasa dihari kesembilan. Sehingga puasa tasua merupakan puasa penting yang menjadi ibadah pembeda dari kaum Yahudi.

Baca juga :Keistimewaan Puasa Senin Kamis di Bulan Muharam

Kata Tasua sendiri berasal dari bahasa arab Tis’a atau yang berarti sembilan, ini karena puasa ini dilaksanakan di tanggal sembilan muharam.

Dengan mengerjakan puasa di hari kesembilan ini, seseorang akan mendapatkan pahala yang sama dengan mengerjakan puasa sunah  lain di bulan Muharam. Seperti dalam hadis Nabi SAW dari Abu Hurairah berikut ini : :

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadan adalah puasa pada bulan Allah (Muharam). Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

Baca juga :Keistimewaan Shaum Tasua Asyura : Dapat Pengampunan Dosa

Niat Puasa

Sebagaimana setiap melakukan ibadah harus diawali dengan niat, demikian juga dalam melaksanakan puasa sunah Tasua’, maka ada niat khusus yang sebaiknya dilafalkan :

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Tasua karena Allah Ta’ala.”

Demikian niat puasa Tasua’ yang sudah bisa mulai dibacakan sejak malam ini atau setelah makan sahur. Mengingat besarnya pahala didalamnya yang setara dengan menjalankan puasa sunah lain dibulan Muharam ini, sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi puasa ini hanya ada sekali dalam satu tahun. **

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan