8 Tips Mengatasi Rasa Takut, Terbukti Efektif dan Banyak Digunakan Para Ahli

JABAR EKSPRES – Rasa takut merupakan reaksi alamiah seseorang terhadap satu hal yang tidak disukai dan ingin dihindari. Rasa takut bisa terjadi pada setiap manusia tidak mengenal usia, tempat dan waktu. Karenanya perlu ada tips upaya untuk mengatasi rasa takut agar hidup bisa menjadi tenang.

Ada 8 tips yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi rasa takut. Dimana masing-masing poin bisa kamu coba secara perlahan agar mendpatkan hasil yang maksimal.

Agar mengetahui bagaiman acara mengatasinya, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu dari man rasa takut itu muncul dalam diri kita. Dilansir dari laman Alodokter, Rasa takut dapat terjadi dalam dua tahap yaitu reaksi biokimia dan respon emosional.

Reaksi biokimia adalah reaksi saat merasa ketakutan, dan tubuh akan secara otomatis melepaskan hormon stres adrenalin dalam jumlah banyak. Yang kemudian menyebabkan beberapa reaksi fisik seperti berkeringat deras dan jantung berdebar kencang.

Baca juga :Bagaimana Cara Mengatasi Ketakutan? Ini Jawabannya!

Reaksi biokimia ini bisa dari hal yang nyata, misalnya rasa takut atau cemas menghadapi operasi besar, hingga yang dipicu oleh kondisi emosional, misalnya takut berbicara depan publik atau demam panggung. Pada akhirnya, rasa takut ini akan memicu respons emosional, seperti rasa cemas atau keinginan untuk menghindar.

Sementara respon emosional merupakan ketakutan yang dipicu oleh kondisi emosional cenderung lebih bersifat subjektif dan tidak selalu realistis. seperti takut bersosialisasi dengan orang banyak seperti yang ditunjukkan pada orang-orang yang memiliki fobia sosial.

Untuk mengatasi rasa takut tersebut, memang tidak bisa instan, karena membutuhkan kesabaran dan upaya dari dalam diri sendiri.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menangani rasa takut dengan lebih efektif:

1. Kenali dan Pahami Rasa Takut

Langkah pertama adalah mengenali dan memahami rasa takut yang Anda alami. Identifikasi apa yang menyebabkan rasa takut tersebut dan bagaimana perasaan itu mempengaruhi diri Anda. Memahami sumber rasa takut membantu Anda menghadapinya dengan lebih baik.

Baca juga : Do’a Menghilangkan Rasa Cemas dan Takut Berlebih

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan