Akan Diresmikan oleh Jokowi, Situ Bagendit Garut Dibersihkan Oleh Semua Pihak

Jabar Ekspres – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat melibatkan seluruh elemen masyarakat dan instansi pemerintahan untuk membersihkan lingkungan objek wisata Situ Bagendit, yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami terjunkan dinas seluruhnya untuk turun, untuk turun ke lapangan juga, kami juga mengundang seluruh para pecinta lingkungan, PMI turun, Pramuka turun, dan juga saya yakin lembaga-lembaga yang ada di masyarakat juga bisa ikut turun membersihkan Bagendit,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, dikutip dari Antara News.

BACA JUGA: Curug Ciputrawangi Sumedang Tawarkan Wisata Alam Kekinian

Pemkab Garut berusaha mempersiapkan ekosistem dan keindahan Situ Bagendit sebelum diresmikan sebagai objek wisata kelas dunia oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, pada Agustus 2023.

Dalam upaya persiapan tersebut, Pemkab Garut meminta bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk menurunkan kapal dan alat berat guna membersihkan kawasan Situ Bagendit yang seluas sekitar 100 hektar. “Kami sedang meminta bantuan kepada BBWS untuk menurunkan kapal besar dan alat berat, seperti beko amphibi,” tambahnya.

Asisten Daerah 3 Bidang Administrasi Umum Pemkab Garut, Budi Gan Gan Gumilar, mengatakan bahwa kegiatan membersihkan kawasan wisata Situ Bagendit merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama dalam penanganan ekspansi eceng gondok yang saat ini mengkhawatirkan.

“Kami sekarang sedang minta bantuan kepada BBWS menurunkan kapal besarnya, beko yang amphibi, kami sudah komunikasikan,” katanya Budi.

BACA JUGA: Wisata Favorit di Kuningan, J&J Hadirkan Pesawat Terbang dan Mini Zoo

Pelaksana Harian Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Garut, Gatot Subagio, menyatakan bahwa kegiatan membersihkan Situ Bagendit akan dilaksanakan pada 26 Juli 2023, melibatkan semua tenaga lapangan dan menggunakan alat berat. Evaluasi persiapan acara akan difokuskan pada penanganan kawasan perairan untuk membersihkan tanaman eceng gondok yang saat ini tumbuh banyak di Situ Bagendit, dan penanganannya membutuhkan peralatan khusus dan banyak orang.

Ia berharap setelah kegiatan tersebut, pengelola Situ Bagendit dapat secara berkelanjutan menjaga kebersihan kawasan wisata baik di darat maupun di perairan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan