5 Manfaat Konsumsi Daging Ayam

JABAR EKSPRES- Berikut ini merupakan manfaat mengkonsumsi daging ayam bagi tubuh yang perlu kamu ketahui.

Daging ayam merupakan jenis daging yang sangat mudah ditemukan dengan harga yang cukup terjangkau, tetapi tetap lezat dan menguntungkan bagi tubuh.

Namun, ada beberapa panduan yang harus diikuti untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal. Berikut adalah daftar manfaat daging ayam untuk tubuh dan tips untuk mendapatkan manfaat tersebut, seperti yang disampaikan melalui keterangan pers di Jakarta pada Sabtu (6/5) oleh aplikasi Titipku.

 

Sumber protein

Daging ayam mengandung protein tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh manusia. Kandungan protein dalam daging ayam mencapai 24-29 gram per 100 gramnya.

Untuk memaksimalkan manfaat protein dalam membentuk tubuh, perlu menyeimbangkan konsumsi daging ayam dengan rutinitas olahraga. Pastikan juga bagian ayam yang dikonsumsi adalah bagian yang rendah lemak, seperti dada, agar manfaat protein dapat diperoleh secara optimal.

 

Baca juga: 6 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Kanker!

 

Rendah kalori

Daging ayam juga rendah kalori dan lemak jika dibandingkan dengan daging merah lainnya, sehingga dapat membantu menjaga berat badan.

Sebagai perbandingan, bagian paha ayam tanpa kulit hanya mengandung 180 kalori, sementara bagian dada tanpa kulit hanya mengandung 165 kalori. Dibandingkan dengan daging sapi bagian sirloin yang mengandung 250 kalori.

Untuk memastikan kalori dari ayam tetap rendah, hindari pengolahan dengan metode yang meningkatkan kalori. Menggoreng ayam, misalnya, akan meningkatkan jumlah kalori. Sebaliknya, merebus ayam akan menjaga kalori tetap rendah.

 

Sumber vitamin dan mineral

Daging ayam mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B3 (niacin) dan vitamin B6, serta mineral penting seperti zat besi dan selenium yang diperlukan oleh tubuh.

Vitamin B kompleks membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B6 dalam daging ayam juga mendukung kesehatan sistem saraf.

Untuk memperoleh manfaat vitamin dan mineral secara maksimal dari daging ayam, pastikan ayam tidak dimasak terlalu matang dengan suhu yang terlalu tinggi. Proses memasak yang berlebihan dapat mengurangi kandungan gizi ayam. Masak ayam dengan api sedang hingga matang dengan baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan