Tips Jaga Porsi Makan Tak Berlebihan, agar Berat Badan Terjaga

JABAR EKSPRES- Terkadang seseorang cenderung makan tanpa mempertimbangkan porsi yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga konsumsi makanan menjadi tidak terkendali.

Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife, dalam keterangan pers, Sabtu, mengungkapkan bahwa mengendalikan porsi makan adalah cara yang efektif untuk mengawasi jumlah kalori yang dikonsumsi.

“Penting untuk diingat bahwa porsi adalah jumlah makanan yang diletakkan di piring, sedangkan sajian adalah jumlah makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh,” ujar Susan Dikutip dari Antara.

 

Baca juga: Menelan Rambut Saat Makan Apakah Berbahaya? Simak di Sini!

 

Susan juga menyatakan bahwa seringkali seseorang makan berlebihan karena merasa terikat untuk menghabiskan seluruh makanan di piring atau karena restoran menyajikan porsi yang besar, yang akhirnya menyebabkan penambahan berat badan.

 

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang disarankan Susan untuk membantu mengontrol porsi saat menyajikan dan menyusun makanan:

 

  1. Pilih wadah sajian yang lebih kecil: Menghidangkan makanan dari wadah yang besar dapat mendorong makan lebih banyak.

 

Baca juga: Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Karyawan Garmen di Bandung Dilarikan ke Rumah Sakit

 

  1. Pilih alat makan yang lebih kecil: Menggunakan sendok saji yang besar dapat menyebabkan mengambil makanan lebih banyak, sebaiknya gunakan alat makan yang lebih kecil.

 

  1. Pertimbangkan ukuran piring: Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membuat makanan terlihat lebih banyak, memberi kesan kenyang dengan porsi yang lebih sedikit.

 

  1. Pertimbangkan tinggi dan lebar gelas minuman: Gelas tinggi dan ramping dapat membuat minuman terlihat lebih banyak dibandingkan dengan gelas pendek dan lebar.

 

  1. Sajikan makanan sejak di dapur: Menghidangkan makanan di meja dapat membuat orang cenderung menambah porsi, sebaiknya porsi makanan sudah dibagikan sejak di dapur.

 

  1. Pertimbangkan warna piring: Warna piring dapat mempengaruhi persepsi tentang seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, piring berwarna terang dapat membantu dalam mengontrol porsi.

 

  1. Makan makanan rendah kalori terlebih dahulu: Ketika merasa lapar, mulailah dengan makan makanan rendah kalori seperti salad atau sayuran terlebih dahulu, sehingga mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan