Viral Kemunculan Ikan Kiamat, Ini Fakta yang Terjadi

JABAR EKSPRES- Hebohnya dan viral Media Sosial oleh Kemunculan Video Ikan Raksasa yang Dikaitkan dengan “Ikan Kiamat” Media sosial sedang dihebohkan oleh beredarnya sebuah video yang menampilkan seekor ikan raksasa, yang kemunculannya dihubungkan dengan prediksi “ikan kiamat”. Selain ukurannya yang sangat besar, ikan tersebut juga memiliki dua lubang mengerikan di tubuhnya, yang menambah kengerian bagi siapa pun yang melihatnya.

BACA JUGA: Viral di TikTok Istilah ‘Tsunami Fakta’, Apa Maknanya?

Ternyata, makhluk laut yang menarik perhatian ini adalah ikan oarfish, sebuah jenis ikan laut dalam yang memiliki tubuh panjang seperti ular. Beberapa waktu lalu, dunia sempat digemparkan oleh temuan ikan berukuran super besar dengan bentuk tubuh yang tidak lazim bagi ikan pada umumnya.

Penemuan atau viralnya ikan kiamat ini diunggah oleh instruktur selam bernama Wang Cheng-Ru, melalui akun Instagram pribadinya pada bulan Juni lalu. Banyak orang yang merasa khawatir dengan temuan ikan tersebut karena kehadiran lubang-lubang mengerikan di tubuhnya. Tak sedikit pula warganet yang percaya bahwa ikan raksasa ini merupakan salah satu spesies yang memberikan pertanda bencana.

Ikan raksasa ini memang berbeda dengan ikan lainnya karena cara berenangnya yang vertikal atau tegak lurus dengan tubuh yang tinggi dan besar. Meskipun para peneliti menyebutnya sebagai oarfish, ikan ini biasanya ditemukan pada kedalaman 200 hingga 1000 kaki di bawah permukaan air laut.

BACA JUGA: Viral ‘Risky Text’ di TikTok, Apa Itu? Begini Penjelasannya

Seorang ahli selam, Cheng-Ru, mengungkapkan, “Banyak hewan menakjubkan yang dapat ditemukan di timur laut Taiwan. Namun, ini adalah kali pertama saya bertemu dengan oarfish raksasa.”

Oarfish juga telah diakui sebagai ikan bertulang terpanjang di dunia oleh Guinness World Records. Pada tahun 1963, sebuah oarfish ditemukan di New Jersey dengan panjang diperkirakan mencapai 50 kaki.

Namun, Profesor Ilmu Perikanan dari Kagoshima University, Hiroyuki Motomura menambahkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya keterkaitan antara viralnya “ikan kiamat” atau oarfish dan bencana. Menurutnya, ikan oarfish mungkin muncul ke permukaan ketika kondisi habitat mereka sedang buruk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan