Perkenalkan Ektrakurikuler SMAN 1 Katapang ke Siswa Baru

KABUPATEN BANDUNG – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Katapang, Kabupaten Bandung berlangsung meriah. Pasalnya, para peserta MPLS yang berjumlah 460 siswa baru itu telah mengikutinya sesuai dengan rencana yang sudah disediakan panitia. MPLS SMAN 1 Katapang ini berlangsung selama tiga hari mulai pada Selasa, Kamis dan Jumat 21 Juli 2023 lalu.

“MPLS lebih ke kegiatan pengenalan lingkungan yang menyenangkan,” ujar Waka Kesiswan SMAN 1 Katapang, Ria Mutiara, kemarin.

Dikatakan Ria, MPLS SMAN 1 Katapang diawali dengan pembukaan, kemudian pengenalan organisasi ekstrakurikuler sekolah.

“Lalu ada beberapa pihak yang mengisi materi seperti dari kepolisian memberikan materi mengenai kenakalan remaja, serta materi-materi lainnya disuguhkan kepada siswa baru,” kata perempuan berkerudung ini.

Ria menjelaskan, sebenarnya MPLS SMAN 1 ini lebih pada pembentukan karakter siswa sejak dini. Apalagi dia menilai, akhir-akhir ini marak terjadi kenakalan remaja yang perlu perhatian semua pihaknya khususnya bagi sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada siswa.

“Jadi, melalui kegiatan MPLS ini yang paling kita tekankan adalah pembentukan karakter siswa. Kami lebih mengenalkan attitude (sikap) kepada sekolah maupun orang tua. Maka kami arahkan dengan kegiatan-kegiatan positif selama MPLS berlangsung,” paparnya.

Ia pun mengaku, bahwa pihaknya melaksanakan MPLS tersebut sesuai arahan Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar).

“Saya berharap peserta menjadi siswa yang saleh dan salehah sehingga semua urusan ke depannya bisa dihadapi dengan mudah,” harapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Osis SMAN 1 Katapang Syam Binta menambahkan, MPLS diakhiri dengan berbagai game (permainan) pada Jumat 21 Juli 2023 lalu.

“Peserta cukup antusias dan meriah karena penutupan MPLS ini diisi dengan game sehingga siswa-siswa baru ceria semua,” imbuh Syam, di sela-sela penutupan MPLS.

Dia mengatakan, panitia MPLS SMAN 1 Katapang yang dikomando oleh para Osis, telah menyiapkan acara tersebut dari jauh-jauh hari.

“Alhamdulilkah MPLS 2023 ini berlangsung sangat seru karena panitia sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Bahkan teman-teman osis adan yang sampai menginap di sekolah,” ungkapnya.

Sementara materi MPLS SMAN 1 Katapang yang disampaikan Osis kepada siswa di antaranya belajar baris membaris, pengenalan ekstrakurikuler yang berjumlah 25 organisasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan