Bentuk Karakter Siswa Melalui Salat Duha 12 Rakaat Setiap Hari! MPLS SMAN 15 Bandung Diikuti 362 Peserta

BANDUNG – Pembentukan karakter siswa atau yang dikenal dengan akhlakul karimah menjadi salah satu topik utama Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS SMAN 15 Bandung.

Dalam pembentukan karakter siswa, sekolah yang berada di Jalan Sarimanis, Sarijadi, Kota Bandung itu menerapkan salat duha 12 rakaat secara bersama setiap hari.

Salat duha tersebut menjadi salah satu program unggulan di SMAN 15 Bandung yang diperkenalkan kepada siswa baru yang beraga Islam melalui kegiatan MPLS.

Sementara siswa non Islam, sekolah juga memberikan program serupa berupa doa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing siswa.

Humas SMAN 15 Bandung Didi Nuradi mengatakan, pelaksanaan MPLS SMAN 15 Bandung diawali dengan pra MPLS yang dimulai pada Jumat 14 Juli 2023 lalu.

“Alhamdulillah MPLS SMAN 15 berjalan lancar dengan dimulai pra MPLS pada Jumat lalu, kemudian berlangsung pada Senin hingga Jumat 21 Juli 2023. Namun Rabu (hari ini, red) kita libur nasional,” ujar Didi, Selasa 18 Juli 2023 kemarin.

Didi menyebutkan, MPLS SMAN 15 Bandung diikuti oleh 362 siswa baru dengan jumlah 11 kelas. Selama MPLS berlangsung, Didi mengungkapkan, semua siswa telah diperkenalkan serta melaksanakan salat duha bersama dengan jumlah 12 rakaat.

“Salat duha bersama ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa, religius kami tanamkan sejak dini agar mereka nanti kalau jadi pejabat diharapkan menjadi pejabat yang jujur, amanah dan terpercaya,” harapnya.

Lebih jauh Didi menjelaskan, untuk salat duha tersebut dimulai mulai pukul 06.45 WIB hingga pukul 07.30 WIB. Meski begitu, Didi mengaku, bahwa program salat duha tersebut mendapatkan dukungan penuh dari orang tua siswa.

“Jadi, 45 menit sudah tuntas 12 rakaat salat duha bersama. Itu ditambah juga dengan ceramah motivasi yang memberikan motivasi kepada siswa baru untuk lebih giat lagi beribadahnya,” katanya.

“Karena ini baru bagi siswa baru, tentunya mereka belum terbiasa, tapi mereka harus mengikutinya karena sudah menjadi program kami. Maka kami berharap setelah MPLS SMAN 15 Bandung mereka sudah terbiasa melakasakan salat duha,” harapnya lagi.

Selain salat duha bersama, Didi juga merincikan program unggulan lainnya yang diperkenalkan kepada siswa baru SMAN 15 Bandung. Di antaranya program nabung saham sejak dini, sedekah, serta ekonomi digital.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan