Ajinomoto Berikan Literasi Penerapan Produk Samping Industri Pangan & Konsep Bijak Garam kepada Gapoktan Lembang

JABAR EKSPRES– Salah satu produsen bumbu masak di Indonesia, PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto), berusaha menjadi yang terdepan membantu kelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan untuk masa depan dengan mengikuti arahan pemerintah RI dalam mempraktekkan ekonomi sirkuler.

Melihat kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat merupakan kawasan agro-industri yang potensial untuk berkembang, Tim Corporate Communications Dept & Agriculture Development Dept Ajinomoto bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (UNPAD) berinisiatif untuk memberikan edukasi terkait keunggulan produk Ajifol. Praktik pemupukan yang baik, serta inspirasi menu makanan menggunakan konsep Bijak Garam, kepada para petani anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lembang di Packing House Lembang, Cikidang, Kabupaten Bandung Barat, pada Kamis, 13 Juli 2023.

Head of Corporate Communications Dept PT Ajinomoto Indonesia, Grant Senjaya mengatakan, Produk andalannya adalah Ajifol yaitu pupuk daun (foliar fertilizer) yang merupakan produk samping dari proses produksi Monosodium Glutamat (MSG).

“Kami di Ajinomoto memiliki target pada tahun 2030 bersama afiliasi kami di negara lain, untuk memperpanjang harapan hidup sehat 1 milyar orang di seluruh dunia dan mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas bisnis kami hingga 50 persen,” ujar Grant Senjaya.

Sebagai pelaku di industri pangan, selain memproduksi bumbu masak, pihaknya juga menghasilkan produk samping yang salah satunya adalah pupuk Ajifol, pupuk ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman.

“Untuk mencapai target tersebut, kami di Ajinomoto Indonesia memiliki kegiatan yang kami sebut sebagai Health Provider. Kegiatan ini adalah inisiatif Grup Ajinomoto Indonesia untuk mentransformasikan seluruh karyawannya menjadi health provider ambassador yang bisa berkontribusi meningkatkan pengetahuan bukan hanya diri sendiri, tetapi juga dapat menyampaikannya ke keluarga dan masyarakat Indonesia terkait gizi dan kesehatan keluarga juga kelestarian lingkungan,” tambahnya.

Sementara Business Development Agri Dev Dept PT Ajinomoto Indonesia, Subur Susantoso mengatakan, berbeda dengan pupuk yang pengaplikasiannya dari tanah, pupuk daun Ajifol memiliki sumber unsur hara mikro yaitu unsur yang tidak terdapat pada pupuk tanah seperti Mn, Zn, B, dan Fe.

“Ajifol memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari awal tanam hingga panen, serta dengan kandungan asam amino berkualitas tinggi di dalamnya,” ujar Subur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan