10 Tips Memperbaiki Diri dengan Cara Islami

JABAR EKSPRES – Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa, baik dosa kecil maupun dosa benar. Namun selama manusia hidup, Allah masih memberikan kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki diri. Berikut ada tips untuk memperbaiki diri dengan cara Islami yang bisa kamu jadikan panduan.

Keinginan untuk memperbaiki diri menunjukkan bahwa seorang muslim merupakan hamba yang taat, karena kadang kala kita tidak menyadari bahwa kita telah melakukan dosa, baik dari pandangan, ucapan maupun perbuatan.

Karenanya jangan pernah bosan untuk selalu berusaha memperbaiki diri, karena manusia yang terbaik adalah manusia yang menjadikan dirinya selalu lebih baik dari hari kemarin.

Hal ini selaras dengan tujuan penciptaan manusia dalam Islam, yakni untuk beribadah kepada Allah, sehingga semakin sering kita berusaha untuk memperbaiki diri, maka akan semakin dekat kita kepada Allah.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri untuk Menjadi Versi Terbaik

Untuk bisa memperbaiki diri, kita perlu terlebih dahulu bertobat kepada Allah. Agar segala dosa-doasa kita diampuni, sehingga dalam upaya memperbaiki diri menjadi lebih ringan dan mendapat kemudahan dari Allah.

Adapun dalil yang dijadikan dasar dalam bertaubat tertuang dalam QS. At-Tahrim ayat 8 sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ yā

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. At-Tahrim: 8)

Dalam upaya memperbaiki diri menjadi lebih baik, haruslah secara keseluruhan, baik dari segi akhlak, hati, pikiran, perbuatan, kepribadian dan lain-lainnya.

Berikut beberapa tips untuk memperbaiki diri secara Islami :

1. Muhasabah atau Instropeksi diri

Instropeksi diri menurut Islam merupakan suatu perbuatan yang baik untuk mengenali kesalahan dan keburukan yang sering dilakukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan