Kembali, Pria 200 Kg Meninggal, Kenali Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan

JABAR EKSPRES – Kasus orang meninggal akibat obesitas atau kelebihan berat badan kembali terjadi. Kali ini seorang pria obesitas dengan berbobot 200 kg dari Tangerang, bernama Cipto Raharjo dilaporkan telah meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Sebenarnya apa saja bahaya obesitas bagi kesehatan, hingga bisa mengakibatkan nyawa melayang.

Pria Obesitas dari tangerang yang meninggal ini sempat dievakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang saat keluarga meminta bantuan pada Selasa (4/7).

Saat dievakuasi, kondisi pria obesitas ini sudah mengalami sesak nafas selama seminggu, juga mengalami sakit dibagian kaki kanan dan kirinya hingga tidak bisa berjalan.
Sesampainya di RS, Cipto langsung ditangani oleh tim dokter yang terdiri dari spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis gizi klinik, spesialis jantung, spesialis urologi, spesialis kulit, spesialis rehabilitasi medik, dan dokter gigi spesialis penyakit mulut.

Setelah menjalani perawatan kurang lebih dua minggu, Pria yang memiliki bobot hingga 200 kg tersebut dikabarkan telah meninggal dunia pada kamis (20/7).

Sebelum kasus Cipto, ada juga kasus yang sama, yakni seorang Pria asal Tangerang bernama Fajri. Fajri juga mengalami obesitas bahkan berat badannya mencapai 300 kg. Dia meninggal setelah mendapatkan perawatan selama 14 hari di RSCM.

Sebenarnya apa bahayanya jika seseorang mengalami berat badan berlebih atau obesitas, hingga mengakibatkan meninggal. Dilansir dari laman Kemenkes RI, ada 7 resiko penyakit penyerta bila seseorang dalam kondisi obesitas, yakni :

1. Obesitas berisiko 2 kali lipat mengakibatkan terjadinya Serangan jantung koroner, Stroke, 2. Diabetes melitus (kencing manis), dan Hipertensi (tekanan darah tinggi).
3. Obesitas berisiko tinggi untuk mengakibatkan penyakit kanker (laki-laki berisiko tinggi menderita kanker usus besar dan kelenjar prostat, sedangkan wanita berisiko tinggi untuk menderita kanker payudara dan leher rahim)
4. Obesitas berisiko 3 kali lipat terkena batu empedu
5. Obesitas berisiko meningkatkan lemak dalam darah dan asam urat
6. Obesitas berisiko mengakibatkan terjadinya sumbatan nafas ketika sedang tidur
7. Obesitas dapat mengakibatkan menurunnya tingkat kesuburan reproduksi

Kondisi obesitas tentu tidak ada orang yang mau mengalaminya, selain berbahaya pada kesehatan fisik juga sangat berpengaruh pada kesehatan mentalnya. Karena orang obesitas rata-rata tidak memiliki rasa percaya dirinya karena penampilan bentuk tubuhnya yang tidak ideal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan