Gelombang Panas Diprediksi Bakal Melanda Irak, Suhu Panas Nyaris Menembus Rekor!

JABAR EKSPRES – Observatorium lingkungan dan iklim di Irak memperkirakan bahwa akan terjadi gelombang panas yang melanda Irak selama beberapa pekan ke depan.

Menurut perkiraan tersebut, gelombang panas akan menjadikan suhu di Irak berada pada 50 derajat Celcius.

“Suhu akan mencapai puncaknya di angka 52 derajat Celcius pada pekan terakhir Juli dan pekan pertama Agustus,” kata observatorium Green Iraq dalam suatu keterangan, Selasa, 18 Juli 2023.

Jika perkiraan ini benar terjadi, maka suhu tersebut nyaris mendekati rekor tertingginya pada 2016, yakni 53,6 derajat Celcius.

Menanggapi perkiraan ini, pemerintah Irak bakal memberikan hari libur untuk masyarakatnya.

BACA JUGA: 500 Orang Warga Dievakuasi Imbas dari Gelombang Panas Cerberus dan Charon Hingga Sebabkan Kebakaran Besar di Spanyol

Bahaya gelombang panas adalah fenomena cuaca ekstrem di mana suhu udara meningkat secara signifikan dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut adalah penjelasan singkat, padat, dan jelas tentang bahaya gelombang panas:

Kenaikan Suhu yang Drastis

Gelombang panas menyebabkan suhu udara meningkat secara tajam, melebihi batas normal dalam periode yang lama. Ini dapat mengakibatkan kondisi cuaca yang sangat panas dan tidak biasa.

Kesehatan Manusia Terancam

Kondisi panas yang ekstrem dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan manusia.

Dehidrasi, heatstroke, dan kondisi medis lainnya seperti heat exhaustion dapat mengancam nyawa.

BACA JUGA: Eropa Terpanggang dalam Gelombang Panas, Orang-Orang Tewas Hangus Terbakar

Ancaman bagi Lingkungan

Gelombang panas juga menyebabkan kondisi kering dan dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan, mengancam flora, fauna, serta menyebabkan kerugian bagi ekosistem.

Kerugian pada Pertanian

Suhu yang sangat tinggi dapat menyebabkan kekeringan, mengurangi ketersediaan air untuk irigasi, dan merusak tanaman pertanian, mengancam pasokan pangan dan menyebabkan kerugian ekonomi.

Peningkatan Polusi Udara

Suhu panas berkontribusi pada peningkatan polusi udara karena adanya efek panas kota dan aktivitas manusia yang meningkatkan emisi polutan.

BACA JUGA: Darurat Krisis Iklim! 60 Ribu Orang di Eropa Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Ancaman Terhadap Vulnerable

Orang-orang yang lebih rentan, seperti anak-anak, orang tua, dan mereka dengan kondisi kesehatan tertentu, berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi akibat gelombang panas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan