Eropa Terpanggang dalam Gelombang Panas, Orang-Orang Tewas Hangus Terbakar

JabarEkspres.com – Eropa terbakar oleh bara udara. Gelombang panas telah menebarkan kekeringan di beberapa negara Eropa. Pertanyaanya, apa yang menyebabkan gelombang panas itu? Adalah perubahan iklim jawabannya.

Perubahan iklim telah memicu gelombang panas sehingga membuat Eropa terpanggang, menurut keterangan dari para ilmuwan, seperti dikutip Euronews Green.

Hutan-hutan di Perancis, Portugal, Spanyol, Yunani, dan Kroasia terus mengalami kebakaran. Orang-orang di sana berjuang tengah berjuang dari hawa panas dan kepulan asap kebakaran hutan yang terus menebal.

Sementara itu, untuk kali pertama dalam sejarah, suhu di Inggris telah memecahkan rekor pada pekan sekarang. Tercatat 40C menyelimuti Inggris.

“Kita berharap kita tidak akan sampai ke situasi ini tetapi untuk pertama kalinya kami memperkirakan lebih dari 40C di Inggris,” ilmuwan iklim di Kantor Met Inggris, Dr Nikos Christidis, mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Euronews Green, Rabu (20/7/2022).

Di Spanyol, seorang pria yang terjebak dalam kebakaran hutan melarikan diri dengan pakaiannya yang terbakar setelah berusaha mencegah api mencapai kota Tabara pada hari Senin.

Dikenal secara lokal sebagai Angel Martin Arjona, ia sedang mengendarai penggali menuju api di sebuah lapangan di pinggiran kota ketika kendaraan itu dilalap api.

Beberapa detik kemudian dia terlihat berlari dari api, tersandung dan berdiri dengan susah payah sebelum api terlihat di pakaiannya.

Penumpang di kereta Spanyol juga dipaksa untuk menyaksikan kebakaran hutan yang mengoyak tumbuh-tumbuhan di dekat rel di Zamora. Kereta sedang melakukan perjalanan antara Madrid dan Ferrol di wilayah Galicia, penumpang yang merekam video, kata Francisco Seoane.

Di Portugal , separuh kotamadya Murca terbakar dan mayat pasangan tua yang mencoba melarikan diri ditemukan di dalam “kendaraan yang benar-benar hangus,” kata walikota kepada penyiar lokal SIC.

Suhu di Portugal mencapai 47C (116F) pada hari Kamis – rekor untuk bulan Juli.

Kebakaran hutan di Prancis dalam beberapa hari terakhir memaksa lebih dari 24.000 orang meninggalkan rumah mereka, dengan tempat penampungan darurat didirikan untuk para pengungsi.

Gironde, kawasan wisata populer di barat daya, terkena dampak yang sangat parah, dengan petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan kebakaran yang menghancurkan lebih dari 34.000 hektar tanah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan