PLS SMKN 8 Bandung Suguhkan Pendidikan Karakter

BANDUNG – Sebanyak 572 siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Bandung tampak antusias mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), Senin 17 Juli 2023.

PLS ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah, suasana belajar, dan memberikan pengetahuan tentang berbagai kegiatan yang akan mereka ikuti.

Wakil Kepala Sekolah (Waka) Kesiswaan SMKN 8 Bandung Taufik Aziz SPd mengatakan, PLS SMKN 8 Bandung itu, setiap hari diawali dengan apel pagi dan akan berlangsung hingga Jum’at depan, tanggal 21 Juli 2023.

“Sementara untuk pemateri kami hadirkan dari Disdik Jabar yang mengisi tentang pendidikan karakter siswa, dari Polsek Lengkong yang berhubungan dengan keamanan lingkungan, masalah Napza menghasilkan pemateri dari Puskesmas Cijagra, dari Kurikulum, Sarana Prasarana, Humas Hubin, Kesiswaan mengenai karakter siswa dan lain-lain,” ujar Taufik.

Taufik menjelaskan, SMKN 8 Bandung memiliki tiga program keahlian yaitu pertama program keahlian teknik otomotif dengan tiga konsentrasi keahlian, yaitu teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor dan teknik bodi kendaraan ringan,

Kedua program keahlian teknik ketenaga listrikan, dengan konsentrasi keahlian teknik pemanasan tata udara dan pendinginan.

Berikutnya ketiga program keahlian teknik elektro dengan konsentrasi keahlian teknik elektronika industri.

“Yang paling diminati umumnya otomotif, kami  menghadirkan 11 rombel yang terdiri dari empat (rombel) tekniK kendataan ringan, lima teknik sepeda motor dan dua teknik bodi kendaraan ringan,” sebutnya.

Sedangkan konsentrasi keahlian teknik pemanasan tata udara dan pendinginan, sebanyak tiga rombel dan konsentrasi keahlian teknik elektronika industri, dua rombel.

Sementara salah satu pemateri PLS sekaligus Pengawas Pembina SMKN 8 Kota Bandung Iis Nurhayani SPd, MMPd mengaku, bahwa materi yang disampaikan kepada siswa baru tersebut adalah mengenai pendidikan karakter Masagi.

“Ketika berbicara karakter Masagi, itu tertuang dalam profil belajar Pancasila. Kita harus berperilaku sama dengan semua makhluk hidup maupun makhluk mati. Baik kepada orang, binatang, lingkungan, alam. Maka, ketika memperlakukan alam dengan salah, itu tidak baik. Intinya kita berharap siswa memiliki karakter secara keseluruhan,” paparnya.

Sedangkan Kepala SMKN 8 Bandung Agus Nugroho  ST., MT, menambahkan, target PLS bagi para siswa SMKN 8 secara umum adalah menjadikan siswa berkarakter Masagi. Yaitu sebuah program pendidikan karakter bagi pelajar untuk membekali masyarakat dengan nilai-nilai baik yang selaras dengan cita-cita Jabar Juara Lahir Batin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan