LRT Jabodebek Generasi Ke-3 Tanpa Masinis Siap Beroperasi Mulai 18 Agustus 2023!

JABAR EKSPRES – Mulai 18 Agustus 2023, PT KAI (Kereta Api Indonesia) akan mengoperasikan seluruh jalur kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI, Mochamad Purnomosidi, mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk menyediakan sekitar 434 perjalanan LRT per hari untuk tahun pertama operasional. Jalur tersebut akan di bagi menjadi dua, yaitu jalur Dukuh Atas – Cibubur dan Dukuh Atas – Jatimulya.

Operasional LRT Jabodebek akan di mulai dari pukul 05.30 WIB hingga pukul 23.30 WIB. Jalur LRT ini juga akan mencakup rute menuju Stasiun Halim sebagai transportasi pengumpan atau feeder bagi kereta cepat Jakarta – Bandung.

Baca juga : Fakta Baru di Balik Perpanjang Penahanan Yana Mulyana Tersangka Kasus Korupsi

LRT Jabodebek menggunakan teknologi generasi ke-3 atau Grade of Automation (GoA) Level 3, yang memungkinkan kereta beroperasi tanpa masinis dengan mengatur jarak antar kereta menjadi lebih dekat tetapi tetap menjaga jarak aman.

Penting untuk di ketahui bahwa uji coba LRT Jabodebek terbatas sebelumnya telah di lakukan mulai 12 Juli 2023. Namun, uji coba ini harus di setop sementara pada 17 Juli-20 Juli 2023 karena perbaikan sistem software yang di perlukan. Setelah perbaikan selesai, akan di lakukan Trial Run pada 21-23 Juli, di ikuti oleh Uji Coba Operasional terbatas bagi undangan pada 25 Juli dan untuk masyarakat umum pada 29 Juli.

Adapun tarif LRT ini yang di jadwalkan untuk grand launching pada 18 Agustus 2023 adalah Rp 25 ribu. Perhitungannya akan mencakup biaya sebesar Rp 5 ribu per km pertama dan Rp 300 per km berikutnya. Sebelumnya, sudah ada 24.000 pendaftar tiket LRT Jabodebek untuk uji coba.

Dalam tahap uji coba, hanya undangan seperti kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas yang dapat mengikuti pada periode 12 Juli hingga 26 Juli 2023. Sementara masyarakat umum dapat mengikuti uji coba pada tahap kedua dari 27 Juli hingga 15 Agustus 2023 dengan mendaftar melalui link yang di sediakan oleh operator LRT Jabodebek.

Baca juga : Aktor Terkenal Lucky Hakim Jalani Pemeriksaan Polisi Terkait Pondok Pesantren Al Zaytun

Pada tahap uji coba operasional terbatas, jumlah penumpang LRT di harapkan tidak melebihi 600 orang per hari, dan waktu operasionalnya adalah pukul 08.00 hingga 12.30 WIB. Para undangan hanya dapat melakukan tap in atau keberangkatan di tiga stasiun LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Harjamukti, Stasiun Jatimulya, dan Stasiun Dukuh Atas. Namun, tap out atau turun dapat di lakukan di semua stasiun yang di lalui.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan