Duh! Ribuan Pengendara di Sukabumi Masih Abai Keselamatan, Tercatat Lakukan Pelanggaran Ini

JABAR EKSPRES – Ribuan pelanggaran lalulintas ditemukan sejak digelarnya operasi patuh lodaya di Sukabumi Jawa Barat pada 10 Juli 2023 lalu.

Pelaku pelanggaran lalulintas ini berhasil terekam melalui kamera ETLE mobile yang di operasikan oleh para petugas.

Ada dua jenis pelanggaran lalulintas terbanyak yang didominasi oleh masyarakat Sukabumi, pertama pengendara sepeda motor yang tidak melengkapi dirinya dengan menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, kedua, pengemudi mobil yang lalai tidak mengenakan sabuk keselamatan atau (safety belt) saat mengemudi.

Hal itu disampaikan oleh Kapusdalopsres Operasi Patuh Lodaya 2023 Polres Sukabumi Kota, Akp Eryda Kusuma.

“Sejak dimulainya Operasi Patuh Lodaya 2023 pada 10 Juli 2023 hingga kemarin sore, ada sebanyak 2.679 pelanggaran Lalulintas yang berhasil terekam kamera ETLE Mobile. Adapun jenis pelanggarannya didominasi oleh pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan pengemudi yang lalai tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt) dengan jumlah pelanggaran sebanyak 602 pelanggaran,” kata Eryda kepada awak media, Selasa (18/7/2023).

“Selain itu, kami memberikan 9.239 teguran kepada para pengendara maupun pengemudi yang masih tidak disiplin dan mematuhi peraturan Lalulintas,” sambungnya.

Imbauan untuk para pengendara dan pengemudi pun disampaikan oleh pihak kepolisian, mengingat agar terwujudkan Keamanan, Keselamatan,Ketertiban,dan Kelancaran Lalulintas (kamseltibcarlantas) yang nyaman di Kota Sukabumi.

“kami dari pihak Kepolisian mengajak kepada seluruh masyarakat, terutama para pengendara maupun pengemudi untuk disiplin dalam berlalulintas, patuhi segala peraturan yang ada dan saling menghargai saat berkendara. Mari kita wujudkan kamseltibcarlantas yang nyaman di Kota Sukabumi.” imbuhnya.

Operasi Patuh Lodaya 2023 yang digelar Polres Sukabumi Kota merupakan operasi khusus Kepolisian yang dilaksanakan untuk meningkatkan kondisi disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta mengurangi angka pelanggaran Lalulintas, kecelakaan dan fatalitas kecelakaan Lalulintas.

“Operasi Patuh Lodaya 2023 ini digelar untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, mengurangi angka pelanggaran Lalulintas, angka kecelakaan dan fatalitas kecelakaan Lalulintas itu sendiri,” terang Eryda.

 

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Jabar Ekspres, Operasi Patuh Lodata ini digelar selama 14 hari, terhitung dimulai sejak senin 10 Juli 2023, dan berakhir pada minggu 23 Juli 2023.*** (Mg9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan