6 Manfaat Teh Hitam yang Belum Banyak Orang Tahu!

JABAR EKSPRES – Manfaat teh hitam ternyata masih banyak yang belum orang-orang ketahui. Padahal teh ini merupakan salah satu minuman yang termasuk paling banyak dikonsumsi.

Minuman teh hitam umumnya disajikan dalam kondisi hangat dan dingin. Sangat nikmat diminum apalagi setelah makan maupun diminum ketika cuaca dingin.

Selain rasanya yang lezat dan baunya yang membuat ketagihan, teh hitam ternyata mengandung segudang manfaat yang baik untuk tubuh loh!

Teh yang berasal dari daun Camellia sinensis ini memiliki tanaman sama yang digunakan untuk teh hijau. Namun, pada pembuatan teh hitam, daun tanaman tersebut akan melewati proses pengeringan dan oksidasi sehingga menghasilkan warna yang lebih pekat serta rasa yang kuat.

Kandungan kafein pada teh hitam lebih tinggi daripada kebanyakan jenis teh lainnya. Selain itu, teh ini juga memiliki antioksidan yang melimpah sehingga dapat memberikan banyak khasiat untuk kesehatan.

Berikut 6 manfaat teh hitam yang baik untuk kesehatan tubuh namun belum banyak orang-orang ketahui.

Baca Juga: Apakah Teh Hijau Bantu Turunkan Berat Badan? Simak di Sini!

Manfaat teh hitam

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan antioksidan flavonoid pada teh hitam terbukti dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Flavonoid juga bisa berfungsi menjaga pembuluh darah agar tetap terbuka dan fleksibel. Mengonsumsi teh hitam setiap hari dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi berbagai risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko kanker

Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat untuk memperlambat berbagai jenis kanker tertentu dan dapat membuat sel kanker mati. Sebuah studi pada tahun 2020 menunjukkan jika minum teh hitam dapat menurunkan risiko kanker mulut lebih rendah.

3. Memelihara kesehatan usus

Beberapa penelitian mengungkapkan jika senyawa polifenol pada teh hitam bisa memelihara kesehatan usus. Karena polifenol bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik serta menghambat bakteri jahat.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah 7 Manfaat Teh Hitam yang Berkhasiat!

4. Menghilangkan radikal bebas

Antioksidan memang terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi senyawa ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas hingga mengurangi terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh. Hal ini akan membantu meringankan risiko timbulnya penyakit berbahaya pada tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan