Cara Mengatasi Duck Syndrome yang Sedang Viral di TikTok

JABAR EKSPRES – Fenomena Duck Syndrome yang kini tengah viral di Tiktok, ternyata masih bisa diatasi jika belum parah hingga mengganggu kesehatan mental.

Penderita duck Syndrome ini memang susah untuk dideteksi, karena pandai dalam menyembunyikan fakta yang sebenarnya. Sehingga untuk mengatasinya hanya bisa dilakukan bila penderitanya sendiri sadar akan kondisinya dan ingin menyembuhkannya.

Dilansir dari laman Alodokter, Duck syndrome adalah istilah yang mengacu pada sebuah perilaku ketika seseorang sebenarnya sedang dirundung banyak masalah, tapi tetap tampak baik-baik saja dari luar.

Istilah ini pertama kali digunakan oleh Universitas Stanford dan agaknya telah menjadi persoalan di kalangan mahasiswanya. Sebutan “sindrom bebek” ini diambil dari pengibaratan seekor bebek yang sedang berenang.

Baca juga : Merasa Kesepian dan Tak Ada yang Peduli ? Bisa jadi Gejala Depresi, Ikuti 5 Tips ini Untuk Mengusir Sepi

Saat bebek berenang, orang-orang hanya melihat bagian atas tubuhnya yang melaju dengan tenang dan perlahan. Sedikit dari mereka yang tahu bahwa ada kaki yang terus-terusan bergerak tak menentu dengan susah payah di bawah air.

Sindrom ini tidak hanya menyerang pada kalangan dewasa, yang ingin terlihat tenang dan sukses dalam kariernya meski harus berdarah-darah dalam meraihnya.

Tapi juga sudah menyerang remaja dan mahasiswa yang biasanya dituntut untuk tampil sempurna dengan kesuksesan yang diunggahnya di media sosial, meski sebenarnya mengalami banyak tekanan dibelakangnya.

Akibat Duck Syndrome

Meski bukan termasuk diagnosis resmi dalam dunia psikologi, Duck Syndrome tetaplah menjadi masalah yang harus diatasi.

Bila terus-terusan dibiarkan, perilaku ini bisa berakibat pada kebiasaan tak sehat, dan menjadi salah satu gejala dari Duck Syndrome. Misalnya :

1. Mendorong tubuh untuk memaksakan diri bekerja di luar kemampuan.

2. Mengalami gangguan kecemasan karena mengamai kegagalan.

3. Mengalami depresi karena tidak bisa menerima dan menangani kegagalan.

Cara mengatasi Duck Syndrome

Bila tanda-tanda atau gejala tersebut sudah muncul dan mulai mengganggu kehidupan, maka perlu diambil langkah sebagai berikut untuk bisa mengatasinya.

1. Menjalani psikoterapi atau terapi bicara.

Dalam sesi terapi ini, Anda bisa mencurahkan semua yang Anda rasakan dan segala kekhawatiran Anda tentang banyak hal. Nantinya, terapis atau psikolog akan membantu Anda untuk mencarikan solusinya bersama.

Tinggalkan Balasan