5 Amalan Menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

JABAR EKSRPES – Menyambut datangnya pergantian tahun baru Islam 1445 Hiriyah yang akan jatuh pada tanggal 19 Juli 2023 mendatang, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat islam.

Lima amalan menyambut tahun Baru Islam ini memiliki keutaman yang besar, mengingat dilakukan pada bulan Haram atau bulan yang dimuliakan. Bulan Muharam merupakan salah satu dari 4 bulan Haram, dimana setiap ada amalan yang dilakukan dibulan ini makan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Momen Tahun Baru Hijriah merupakan momen penting bagi kita umat Islam, karena menjadi titik awal perjuangan Nabi Muhammad dalam berdakwah di Madinah.

Hal ini berarti menjadi awal yang bagus juga untuk kita memperbaiki diri dengan melakukan amalan yang diajurkan pada bulan ini.

Mengutip dari Khutbah Jumat yang disampaikan KH Ahmad Misbah, Ketua LDNU Tangerang Selatan, yang menyebutkan, Allah berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum Musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS At Taubah: 36)

Baca juga : Benarkah Tak Boleh Menikah di Bulan Muharam atau Suro?

Beliau menyebutkan ada lima amalan yang harus dilakukan dalam rangkan menyongsong kehadiran Tahun Baru Islam, yakni:

1. Bersyukur kepada Allah

Bersyukur adalah sikap yang sangat baik dan diperitahkan Allah. Bagi siapa saja yang merasa mendapatkan nikmat dan rahmat dari Allah, bersyukur berarti berterima kasih kepada Allah atas segala nikmat yang telah diterima, sehingga wajar jika dilakukan manusia sebagai bentuk respons positif atas pemberian nikmat dari Allah.

Mengucapkan alhamdulillah, bersujud syukur dan menunjukkan perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diterima. Hal ini sangat yang baik dan seharusnya dilakukan.

Selanjutnya, ketika kita sampai pada tahun baru, artinya kita sudah mendapatkan nikmat dan rahmat di waktu yang telah berlalu selama satu tahun sehingga sampai di awal waktu pada tahun yang baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan