Doa Memasuki Tahun Baru Islam 1445 H, Agar Terlindungi dari Gangguan Setan

JABAR EKSPRES – Menjelang datangnya Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, yang akan jatuh pada tanggal 17 Juli 2023 mendatang, kita perlu mengetahui seperti apa doa yang harus dipanjatkan.

Meski beberapa ulama menegaskan tidak ada doa yang dikhususkan untuk menyambut datangnya bulan baru atau tahun baru Islam, namun tidak ada salahnya setiap kali akan memulai sebuah masa kita memanjatkan doa kepada Allah.

Hal ini agar Allah melindungi kita, dan apa yang kita lakukan selalu dirahmati dan diridhoi oleh Allah, karena memulai sesuatu dengan menyebut namaNya.

Meski nulam Muharam masih beberapa hari lagi, namun tidak ada salahnya bila kita sudah mempersiapkan doanya jauh-jauh hari sebelumnya, agar doa tersebut bisa dihafal atau disimpan untuk digunakan pasa saatnya nanti.

Sebelum mengetahui seperti apa doa menyambut Tahun Baru Islam 1445 H, kita harus mengetahui dulu dasar dari pembacaan doa tersebut, agar tidak salah menafsirkannya.

Baca juga : Benarkah Tak Boleh Menikah di Bulan Muharam atau Suro?

Dilansir dari laman Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan bahwa sebagian ulama tidak menyebutkan adanya tuntunan khusus untuk membaca doa menjelang tahun baru Islam ini.

Seperti salah satunya Syekh At-Tuwaijiriy yang mengatakan, “Kita tahu bahwa doa adalah ibadah. Pengkhususan suatu ibadah itu harus tawqifiyah (harus dengan dalil). Doa awal dan akhir tahun sendiri tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam, tidak pula pernah dicontohkan oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum.”

Meski begitu para sahabat pernah juga membacakan doa saat memasuki awal bulan atau awal tahun. Seperti salah satunya berikut ini:

Dari ‘Abdullah bin Hisyam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

كَانَ أَصحَابُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَتَعَلَّمُونَ هَذَا الدُّعَاءَ كَمَا يَتَعَلَّمُونَ القُرآنَ إِذَا دَخَلَ الشَّهرُ أَو السَّنَةُ:

“Sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan doa sebagaimana mengajarkan Alquran di mana doa ini dibaca saat memasuki awal bulan atau tahun:

اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَجِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَنِ

Allohumma ad-khilhu ‘alainaa bil amni wal iimaani was salaamati wal islaam, wa jiwaarim minasy-syaithooni, wa ridhwanim minar rohmaani.

“Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan meraih rida Allah (Ar-Rahman).” (HR Al Baghawi dalam Mu’jam Ash-Shahabah, sanadnya sahih. Imam Ibnu Hajar mensahihkan hadis ini dalam Al-Ishabah, 6:407–408. Hadis ini mawquf termasuk perkataan sahabat sesuai syarat kitab shahih)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan