Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Vape

JABAR EKSPRESCara ampuh mengatasi kecanduan vape salah satunya dapat Anda Temukan dalam artikel ini.

Vape atau rokok elektronik sering di anggap sebagai alternatif bagi orang yang ingin berhenti merokok.

Namun, menurut para ahli, vaping memiliki tingkat ketergantungan dan bahaya yang sama dengan rokok konvensional karena mengandung nikotin, zat adiktif utama dalam rokok.

Baca juga : Manfaat Cengkeh untuk Mengatasi Asam Lambung dan Cara Mengonsumsinya

Dr. Taylor Hays, seorang dokter spesialis pengobatan kecanduan dan direktur Pusat Ketergantungan Nikotin di Mayo Clinic, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa. Remaja memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kecanduan vaping.

Hal ini di karenakan otak remaja masih dalam tahap perkembangan yang membuatnya lebih rentan terhadap pembentukan kecanduan.

Selain itu, kekhawatiran lain adalah bahwa setelah remaja mengalami kecanduan nikotin melalui vaping, mereka kemungkinan akan beralih ke rokok tembakau.

Meskipun masih sedikit informasi tentang efek jangka panjang dari penggunaan vape, kebiasaan ini tetap di anggap berbahaya.

Dr. Hays membagikan beberapa cara untuk mengatasi kecanduan Vape yakni :

1. Tetapkan tujuan dan tanggal berhenti

Menetapkan batas waktu dan tujuan adalah strategi yang efektif dalam mengatasi kecanduan. Tentukan tanggal untuk berhenti dan buatlah tujuan yang ingin di capai.

Berbagi tujuan tersebut dengan orang lain juga dapat membantu untuk tetap bertanggung jawab dalam mencapainya.

2. Buat rencana

Beberapa orang mengonsumsi vape karena tekanan sosial dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan cara menggantikan kebiasaan vaping dengan aktivitas lain.

Misalnya, jika merasa tergoda untuk mengonsumsi vape, cobalah mengubah lokasi istirahat di kantor yang tidak terkait dengan produk nikotin atau tembakau.

3. Ubah pola pikir

Mengubah cara berpikir tentang vaping dapat membantu mengatasi kecanduan. Dr. Hays menyarankan pengguna untuk mengulangi mantra seperti “Ini bukan untukku” atau “Aku bukan perokok/vaper lagi” untuk mengubah pola pikir secara keseluruhan.

4. Coba terapi pengganti nikotin

Terapi pengganti nikotin, seperti plester nikotin atau permen karet, dapat menjadi pilihan. Bagi remaja, di sarankan untuk hanya menggunakan terapi pengganti nikotin jika kecanduan sudah sangat parah.

Tinggalkan Balasan