7 Keutamaan Membaca Al Kahfi di Malam  Jumat

JABAR EKSPRES – Setiap memasuki kamis malam atau malam jumat, maka di beberapa sosial media akan banyak yang mengingatkan untuk membaca surah Al Kahfi. Karena ternyata, dengan rutin membaca Al Kahfi pada hari jumat, maka akan mendapat banyak keutamaan.

Surah Al Kahfi merupakan surah ke 18 dalam Al Quran, dengan 110 ayat yang memiliki arti tentang Gua. Salah satu hikmah yang didapat dengan membaca Al Kahfi adalah akan mendapatkan berbagai cara untuk menghadapi cobaan dan fitnah.

Membaca AL Kahfi disarankan dimulai dari kamis malam, pasalnya masih ada yang belum sanggup membacanya sekaligus dalam satu waktu. Sehingga Allah memberi kemudahan untuk membacanya selama satu hari di hari jumat tersebut.

Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan jika rutin membaca Al Kahfi setiap hari jumat, salah satunya dijelaskan dalam hadits berikut ini:

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kabah,” (HR Ad-Darimi).

Jika bisa menghafal 10 ayat pertama Al Kahfi juga ada keutamaan lain yang sangat bermanfaat bagi manusia, yakni akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Baca juga : Doa Malam Jumat Lengkap, QS Yasin, Tahlil dan QS Al Kahfi

Berikut hadits yang menguatkan pernyataan tersebut :

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari dajal,” (HR Muslim).

Karena surat ini bisa menyinari dan melindungi orang yang membacanya dari fitnah dajal, maka pantas disebut sebagai surat pelindung fitnah.

Keutamaan Surah Al Kahfi

Berikut ini keutamaan membaca Surat Al Kahfi yang akan diraih bagi yang membacanya dengan niat mencari rida Allah SWT.

1. Mendapat Cahaya di Hari Kiamat

Orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka akan mendapatkan cahaya dari Allah di hari kiamat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya:

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan