7 Keutamaan Membaca Al Kahfi di Malam  Jumat

Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal surat Al Kahfi itu terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al Kahfi ayat 102 berikut ini:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ

Artinya:

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?…” (QS. Al-Kahfi: 102)

6. Rumahnya Tidak akan Dimasuki Setan

Setan akan selalu merusak iman dan mengajak manusia ke jalan kesesatan. Setan adalah musuh terbesar manusia, terutama dalam melakukan perbuatan baik dan beribadah.

Membaca surah Al Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan ini. Sebuah hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa:

“Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

7. Meninggal dalam Keadaan Syahid

Keutamaan surat Al Kahfi yang satu ini perlu diketahui oleh seluruh umat Islam sehingga mereka dapat mengamalkannya secara rutin. Disebutkan bahwa membaca surah Al Kahfi bisa membuat kita meninggal dunia dalam keadaan syahid.

Al Imam Baqir menyebutkan bahwa keutamaan surat Al Kahfi tersebut bisa didapatkan dengan membaca surat setiap malam Jumat. Selain membuat kita meninggal dalam keadaan syahid, keutamaan surat Al Kahfi ini juga dapat membantu umat Islam untuk dibangkitkan bersama golongan syuhada.

Demikian keutamaan jika rutin membaca Al Kahfi di malam jumat.

Tinggalkan Balasan