Tips Terbaik Membeli Motor Bekas dengan Cermat dan Bijak, Jangan Sampai Tertipu

JABAR EKSPRES – Bagi Anda yang mencari alternatif kendaraan dengan harga terjangkau, motor bekas bisa menjadi pilihan yang menarik, dan berikut ini tips beli motor bekas yang cermat dan bijak agar tidak tertipu.

Namun, sebelum Anda melakukan pembelian, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap motor yang akan Anda beli.

Ingatlah bahwa membeli motor bekas tidak perlu di lakukan dengan terburu-buru.

Baca juga : Dampak Telat Ganti dan Cara Cek Umur Oli Motor

Pemeriksaan yang teliti sangat penting agar Anda tidak menyesal di masa depan. Berikut ini adalah 10 tips yang akan membantu dalam membeli motor bekas.

1. Tentukan Jenis Motor yang akan di Beli

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis motor yang ingin Anda beli.

Dengan mengetahui motor apa yang Anda inginkan, Anda akan lebih mudah memilih saat mengunjungi penjual motor bekas yang menawarkan berbagai pilihan.

Sesuaikan jenis motor dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda membutuhkannya untuk perjalanan jarak jauh setiap hari, motor dengan kapasitas mesin yang besar mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika motor akan di gunakan di area perkotaan, motor matic dengan kapasitas mesin kecil dapat di pertimbangkan. Selain itu, perhatikan juga ketersediaan dana yang Anda miliki.

2. Kenali Harga Pasaran

Tips ini sangat penting agar Anda tidak tertipu oleh penjual nakal.

Mengetahui harga pasaran motor baru dan bekas saat ini akan membantu Anda dalam menilai keadilan harga yang di tawarkan oleh penjual.

Jika harga motor bekas tidak jauh berbeda dengan harga motor baru, maka Anda mungkin akan merasa di rugikan.

Selalu perhatikan juga bahwa harga motor bekas dapat berbeda tergantung pada jenis dan kondisinya.

Anda dapat mencari informasi tentang harga pasaran motor melalui kerabat, media sosial, atau situs jual beli motor bekas.

3. Jangan Terburu-buru Membayar

Hindari memberikan uang muka sebelum memeriksa motor dengan baik.

Jangan langsung membeli motor hanya karena harganya murah atau dapat di bayar dengan cicilan.

Meskipun penjual mungkin memberikan berbagai alasan agar Anda segera membeli motor tersebut, sebaiknya jangan terlalu tergiur.

Tinggalkan Balasan