Keren! Inilah 5 Keunikan Tol Cisumdawu, Jadi Jalan Tol Pertama yang Miliki Terowongan

3. Jalan Tol dengan Pemandangan Terindah

Seperti diketahui bahwa Jalan Tol Cisumdawu dibangun di wilayah dengan pemandangan alam yang asri. Sehingga hal ini menjadi salah satu dari sekian banyak Jalan Tol di Indonesia yang menawarkan pemandangan terindah.

Bahkan Jalan Tol ini juga dikelilingi oleh tiga gunung vulkanik, yag terdiri dari Gunung Tampomas, Gunung Manglayang, dan Gunung Patuha. Selain itu, di atas jalan tol ini ada juga overpass bersilangan yang menghubungkan antara pemukiman warga. Pemandangan ini akan memanjakan pengguna jalan.

4. Tol Pertama yang Memiliki Terowongan

Tol Cisumdawu digadang-gadang menjadi Jalan Tol pertama yang memiliki terowongan. terowongan Cisumdawu merupakan terowongan pertama di Indonesia untuk jalan bebas hambatan.

Perlu diketahui bahwa Tol Cisumdawu memiliki terowongan kembar dengan panjang 472 m dengan diameter 14 m. Hal unik lainnya yakni, terowongan ini dibuat dengan menembus bukit menggunakan teknologi New Austrian Tunneling Methods (NATM), sebuah teknologi yang memberi perkuatan pada tanah sebelum menggali.

Kemudian penggalian dilakukan dengan menggunakan first lining dan second lining dengan menggunakan metode penggalian three-bench seven-step yang dapat menstabilkan pemuka terowongan tanpa memerlukan tambahan penyangga.

5. Terapkan Teknologi Canggih

Pembangunan Tol Cisumdawu menerapkan teknologi canggih, lantaran berada di perbukitan, akses jalan ini akhirnya menerapkan beberapa teknologi canggih dalam pengerjaannya. Di antaranya yakni seperti teknologi penanganan lereng, soil nailing, erosion control dengan geomat, shotcrete, dan DPT untuk pekerjaan galian.

Selain itu, ada juga perkuatan geotextile, perkuatan geomembrane, dan perkuatan dengan bore pile untuk pekerjaan timbunan. Bahkan Tol Cisumdawu menerapkan penggunaan teknologi Geofoam EPS yang bertujuan untuk mengatasi keadaan tanah yang tidak stabil dan tidak bisa ditangani hanya dengan melakukan pengurukan biasa lantaran ada beberapa titik di sektor 5A yang terus berair dan tidak stabil.

Penggunaan teknologi Geofoam EPS juga mampu membantu mengurangi beban yang ditanggung oleh tanah dengan sangat signifikan dan juga mampu mengurangi dan memperlambat proses penurunan pada tanah dasar dan infrastruktur di dalamnya, serta dapat meningkatkan stabilitas tanah.

Tinggalkan Balasan