Gratis! Tol Cisumdawu Diresmikan Hari Ini, Beberapa Seksi Ini Masih Bisa Dilalui Tanpa Tarif

JABAR EKSPRES – Peresmian Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) diagendakan akan digelar pada Selasa, 11 Juli 2023, hari ini sekira pukul 10.00 WIB. Jalan Tol tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun belum semua tarif untuk Seksi belum keluar.

Adapun peresmian Jalan Tol Cisumdawu hari ini oleh Presiden Jokowi rencananya akan dilakukan di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama. Sedangkan Surat keputusan (SK) terkait tarif untuk Seksi 4 hingga 6 yakni Cimalaka-Dawuan.

Sehingga, meskipun Jalan Tol Cisumdawu diresmikan hari ini oleh Presiden Jokowi, Seksi Cimalaka-Dawuan untuk sementara digratiskan. Hal tersebut sempat diungkapkan Direktur Teknik Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso, Senin, 10 Juli 2023.

BACA JUGA: Lengkap! Inilah Daftar Perkiraan Tarif Tol Cisumdawu, Bakal Diresmikan Besok oleh Presiden Jokowi

Ia mengatakan bahwa kebijhakan tarif Jalan Tol Cisumdawu Seksi Cimalaka-Dawuan gratis dari pemerintah, bukan dari pihak PT CKJT. Sementara itu, tarif untuk seksi Seksi Cimalaka-Dawuan akan keluar jika SK dari pemerintah telah terbit.

“SK itu dari pemerintah pusat, bukan dari CKJT, kami ikut saja,” katanya.

Dikutip JabarEkspres.com dari berbagai sumber pada Selasa, 11 Juli 2023, sebagai informasi, Jalan Tol Cisumdawu ada enam Seksi di antaranya yakni seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,40 Km) dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang (17,05 Km) dikerjakan oleh Pemerintah. Pembangunan dilakukan melalui APBN sebagai bagian dari viability gap fund (VGF), tujuannya yakni menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

BACA JUGA: Fantastis! Bakal Diresmikan Besok, Jalan Tol Cisumdawu Menelan Biaya hingga Rp5,5 Triliun

Selanjutnya, Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalakan memiliki panjang 4,05 Km, Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 Km. Serta Seksi 5 A&B Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 Km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan sepanjang 6,1 Km.

Meskipun segera diresmikan pada Selasa, 11 Juli 2023 besok oleh Presiden Jokowi, Jalan Tol Cisumdawu seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah beroperasional pada Desember 2022 lalu.

Perlu diketahui bahwa Jalan Tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas tol Cipali. Hal tersebut sempat dijelaskan oleh pihak terkait termasuk Kementerian PUPR.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan