Diresmikan Hari Ini, Tol Cisumdawu Dinilai Bakal Tingkatkan Mobilitas Bandara Kertajati

JABAR EKSPRES – Kepala Badan Pengelola Kawasan Rebana (Cirebon Raya, Pelabuhan Patimban hingga Bandara Kertajati), Bernardus Djonoputro sempat menanggapi soal pengaruh Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan atau Tol Cisumdawu. Ia meprediksi bahwa Jalan Tol tersebut akan memengaruhi mobilitas di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Bernardus Djonoputro sempat memprediksi bahwa jumlah penumpang di Bandara Kertajati akan terus meningkat seiring dengan mulai beroperasinya Tol Cisumdawu. Sebagai informasi, Jalan Tol tersbeut diresmikan pada hari ini Selasa, 11 Juli 2023 oleh Presiden Jokowi.

Dengan adanya Tol Cisumdawu dan Tol Cipali, Bernardus Djonoputro menilai tidak aakan ada lagi isu konektivitas menuju Bandara Kertajati. Bahkan ia yakin bahwa mobilitas di Bandar Udara tersebut akan terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Breaking News! Tol Cisumdawu Diresmikan Hari Ini oleh Presiden Jokowi

“Persiapan Tol Cisumdawu sudah sampai Cipali dan akan beroperasi dalam beberapa minggu ini. Jadi, sudah tidak ada lagi isu konektivitas. Saya kira dalam beberapa waktu ke depan akan ada peningkatan yang cukup tajam,” kata Bernardus Djonoputro, saat ditemui di Bandara Kertajati, dikutip JabarEkspres.com pada Sabtu, 24 Juli 2023.

Menurut keterangannya, masyarakat di wilayah Sumedang dan Bandung bisa mencapai Bandara Kertajati dalam waktu kurang lebih satu jam. Sebelumnya, jarak tempuh dari Bandung ke Bandara Kertajati diperkirakan 3 jam.

Kini jarak antara Bandung ke Bandara Kertajati melalui Tol Cisumdawu berkisar 60 kilometer, lebih singkat dibandingkan dengan perjalanan melalui jalan arteri yang mencapai 180 kilometer.

BACA JUGA: Keren! Inilah 5 Keunikan Tol Cisumdawu, Jadi Jalan Tol Pertama yang Miliki Terowongan

Selain itu, Bernardus Djonoputro mengungkapkan rencana pembangunan sejumlah fly over untuk lebih memangkas waktu perjalanan menuju Bandara Kertajati.

“Saya kira ini jadi bukti bahwa Bandara Kertajati telah dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Sebagai informasi, per 28 Mei 2023 lalu, Bandara Kertajati sudah kembali beroperasi bahkan sudah melayani penerbangan Haji dan umrah.

Inspektur Penerbangan Kementerian Perhubungan Pintanugra Persadanta mengatakan Bandara Kertajati akan menerima ketibaan 370 jamaah haji pada 9 Juli mendatang.

Jamaah haji yang kembali dari Saudi Arabia menuju Bandara Kertajati nantinya menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines jenis Airbus A-330-300. Pintanugra memastikan penerbangan tersebut akan berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan