Diresmikan Hari Ini, Tol Cisumdawu Dinilai Bakal Tingkatkan Mobilitas Bandara Kertajati

“Kami selalu memastikan penerbangan dapat berjalan dengan lancar, sehingga setibanya jamaah haji di Bandara Kertajati ini tidak ada masalah dan kendala apa pun,” katanya.

Perlu diketahui bahwa Bandara Kertajati merupakan Bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Bandara tersebut memiliki kapasitas terminal penumpang mencapai 5,6 juta penumpang per tahun. Bandara Kertajati merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat yang sedang dikembangkan oleh pemerintah.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat berharap penerbangan dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, bertambah dari dua kali seminggu menjadi lima kali dalam seminggu.

“Kami optimistis dengan adanya akses yang sudah tersambung dengan Tol Cisumdawu, maka ada peluang besar untuk menambah frekuensi penerbangan. Ini karena dinilai bisa memudahkan bagi sebagian masyarakat Jawa Barat atau Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) Benny Bachtiar ketika dihubungi di Bandung.

BIJB Kertajati di Kabupaten Majalengka pada Rabu, 17 Mei 2023 membuka layanan penerbangan perdana dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut Benny, Kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) yang menaungi Kertajati memiliki beragam potensi wisata yang menarik yakni mulai dari wisata kuliner, religi dan budaya.

“Semoga secepatnya aktivitas Kertajati akan semakin ramai dan memberikan manfaat baik bagi pemerintah itu sendiri maupun masyarakat,” kata Benny.

Sebelumnya VP Corporate Secretary & General Administration PT BIJB Dian Nurrahman mengatakan pada Rabu, 17 Juli 2023, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, membuka layanan penerbangan perdana dengan rute Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.

Semenatar itu, Jalan Tol Cisumdawu diresmikan pada hari ini Selasa, 11 Juli 2023 oleh Presiden Jokowi. Hal tersebut menurut informasi dari rilis hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Virtual Conference (Vcon) Kesiapan Acara Kunjungan Kerja Presiden RI Bpk Ir.H. Joko Widodo ke Provinsi Jawa Barat pada 8 Juli 2023 lalu yang dipimpin oleh Deputi 2 Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan