Kontes Ayam Hias dan Reptil Shamo Expo di Gelar di Kota Cimahi

CIMAHI – Kota cimahi menjadi tuan rumah penyelenggaraan shamo expo 3 tahun 2023 yang menjadi ajang lomba kontes Ayam hias dan hewan reptil.

Acara yang diselenggarakan oleh klub shamo indonesia itu menggelar lomba kontes ayam hias dan berbagai jenis reptil.

Acara kontes diprakasai oleh himpunan peternak penggemar ayam pelung indonesia (hippapi) dpd kota bandung dan arus bawah.

Pj wali Kota Cimahi Dikdik S mengaku sangat mengapresiasi terselenggaranya lomba kontes tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut memiliki arti positif untuk meningkatkan potensi para peternak dan pecinta hobi binatang jenis reptil.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada klub shamo indonesia, hippapi dan arus bawah swhingga kegiatan shamo expo 2 tahun 2023 ini dapat terselenggara,” ujar Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan, Senin (10/7).

Dikdik mengakui, merupakan satu kehormatan bagi Kota Cimahi yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan kontes tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, selain merupakan wahana penyaluran hobi para penggemar juga sebagai salah satu upaya pelestarian jenis-jenis hewan tersebut,” kata dia.

Ia menambahkan, kegemaran ini merupakan salah satu jenis hobi unggas yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri pada tubuhnya. Terlebih hobi ini memiliki nilai ekonomis.

Kontes ayam hias ini merupakan ajang bagi para pecinta ayam hias untuk dapat menampilkan keunikan dan kekhasan dari masing-masing peserta.

‘’Untuk mencapai hal tersebut diperlukan upaya pemeliharaan khusus dan tata laksana yang tepat agar ayam hias yang dihasilkan betul-betul memiliki keunggulan baik dari sisi kuantitatif maupun kualitatif,” kata dia.

Kontes ini untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang perunggasan kita yang lebih berkualitas khususnya dalam menghadapi tantangan perunggasan yang akan datang.

Demikian pula hobi reptil yang kini menjadi tren masyarakat dan bisa menjadi lahan investasi yang cukup menjanjikan.

Tren reptil awalnya sebagai peliharaan hanya berkembang di kalangan penghobi saja, namun, saat ini perkembangan peminat reptil meningkat pesat selama pandemi, yang ditunjukan dengan bermunculannya berbagai club pecinta reptil di berbagai daerah,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menjadi ajang silaturahmi para peserta dan mampu meningkatkan nilai ekonomis serta menguatkan komunitas, value serta meningkatkan industri ayam hias dan reptil skala nasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan