Jusuf Hamka Ajak Masyarkat Tionghoa Dukung Anies Baswedan Jadi Capres di Pilpres 2024 Cek Faktanya!

JABAR EKSPRES – Beredar rumor yang menyebutkan bahwa pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Jusuf Hamka mendorong masyarakat Tionghoa untuk mendukung Anies Baswedan menjadi calon Presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Rumor itu mencuat di menjelang Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, di media sosial beredar rumor yang mengklaim bahwa dukungan masyarakat Tionghoa terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk maju sebagai Capres di Pilpres 2024 adalah dorongan dari Jusuf Hamka. Bahkan disebut-sebut sang pengusaha tersebut mengajak seluruh masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia.

Diketahui bahwa rumor Jusuf Hamka mendorong masyarakat Tionghoa untuk memberikan dukungan kepada Anies Baswedan menjadi Capres pada Pilpres 2024 tersebut mencuat dari unggahan YouTube dengan keterangan sebagai berikut:

BACA JUGA: Soal Jusuf Hamka Tagih Utang Rp800 Miliar ke Pemerintah, Mahfud MD Sampaikan Arahan Presiden Jokowi

“TEPIS ISU DUKUNG CAPRES PILIHAN JOKOWI SEMUA WARGA TIONGHOA IKUT INTRUKSI JUSUF HAMKA DEKLARASI ANIES BASWEDAN,”.

Sebagai informasi, Jusuf Hamka merupakan pengusaha berdarah Tionghoa yang menjalankan bisnisnya di bidang pembuatan jalan tol, salah satunya pembangunan ruas tol Cawang-Tanjung Priok, Jakarta.

Sementara di bidang politik, Jusuf Hamka pernah berkiprah sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: Persilahkan Jusuf Hamka Tagih Utang Pemerintah Rp800 Miliar ke Kemenkeu, Mahfud MD Akui Siap Bantu

Kini namanya disebut-sebut terlibat dalam dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai Capres pada Pilpres 2024 nanti. Lalu, apakah benarkah Warga keturunan tersebut deklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 atas perintah Jusuf Hamka?

Berdasarkan pantauan Antara News dikutip JabarEkspres.com pada Kamis, 6 Juli 2023, video yang diunggah di YouTube berdurasi delapan menit itu nyatanya membacakan ulang isi artikel berjudul “Jusuf Hamka Marahi Willianto Tanta Gegera HT Klaim Tionghoa Dukung Capres Pilihan Jokowi”. Tulisan tersebut dirilis situs daring.

Dalam artikel itu dijelaskan, Pembina Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Hary Tanoesoedibjo mengklaim masyarakat Tionghoa selama ini mendukung semua kebijakan Presiden Jokowi.

Masyarakat Tionghoa disebut juga akan mendukung keputusan Presiden Jokowi tentang Capres di Pilpres 2024. Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Penasehat Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Jusuf Hamka membantah klaim Hary Tanoesoedibjo.

Tinggalkan Balasan