Angkat Potensi Wisata Situ Ciseupan, Kelurahan Cibeber Juara 2 Lomba Kelurahan se-Jabar

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Berkat mengangkat potensi Wisata Situ Ciseupan, Kelurahan Cibeber yang berada di Kota Cimahi berhasil menyabet juara 2 lomba antar kelurahan se-Jawa Barat. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Lurah Cibeber, Bambang Wahyu Purwasro.

Wisata yang terletak di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi itu mampu membangkitkan ekonomi warga sekitar terutama UMKM.

“Alhamdulillah kita meraih juara 2 di tingkat provinsi, capaian ini sebagai kado juga bagi Kota Cimahi dalam rangka hari jadi,” kata Bambang, Kamis (6/7).

Ia mengatakan, Situ Ciseupan sudah ditetapkan oleh Pemkot Cimahi sebagai area wisata. Kedepan, akan ada pengembangan lagi untuk area wisata di Bukit Pada Kasih yang tak jauh dari area situ Ciseupan.

BACA JUGA: Unik! Prosesi Perpisahan, Personel Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Disemprot Mobil Pemadam

“Saya berterimakasih juga kepada warga sekitar yang mendukung potensi Situ Ciseupan menjadi area wisata. Terutama bagi warga yang telah berinvetasi untuk membangun fasilitas wisata di area dekat situ. Ini menjadi semangat untuk bersama dalam memajukan Kelurahan Cibeber,” katanya.

Hal senada ditegaskan Camat Cimahi Selatan, Ajat Jayadi. Menurut Ajat, potensi Cimahi yang minim area wisata ternyata bisa membawa Kelurahan Cibeber masuk juara 2 di tingkat provinsi. Hal itu membuktikan, kontribusi pemerintah setempat untuk keberlangsungan wisata juga dukungan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sangat penting.

“Di Situ Ciseupan itu ada Teras Ciseupan yang fasilitasnya cukup lengkap untuk berwisata. Itu milik warga sekitar yang kini sudah dikenal wisatawan, itu kalau hari libur banyak pengunjung,” kata Ajat Jayadi.

BACA JUGA: Didanai Bank Dunia, BRT Bandung Raya akan Mulai Dibangun Tahun 2024

Kemudian kata Ajat, Teras Ciseupan juga menampung produk-produk UMKM warga yang dijual ke pengunjung.

“Potensi wisata jika dikembangkan dan dikelola dengan baik, maka akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat. Keberhasilan ini yang dibawa untuk menjadi bahan perlombaan kelurahan di tingkat provinsi,” katanya.

Sementara itu, Supervisor Teras Ciseupan, Anugerah alias Nunu mengatakan bahwa Teras Ciseupan mulai beroperasi sejak Januari 2022. Di lokasi wisata ini, banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto. Persis di depan Teras Ciseupan terdapat Situ (Danau) dan bukit yang cukup indah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan