4 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

JABAR EKSPRESLaptop merupakan barang elektronik yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja untuk kepentingan pekerjaan, pendidikan, hobi, hingga hiburan kita biasanya mengandalkan laptop untuk menjalankan tugas-tugas penting. Karena termasuk barang yang tidak terpisahkan, untuk itu kita perlu mengetahui cara merawat laptop agar tetap awet digunakan meskipun dalam jangka panjang.

Jika dibandingkan, sebenarnya merawat laptop tidak sesulit merawat komputer yang memiliki banyak komponen. Hanya saja, banyak orang yang lalai dan menggunakan laptop tanpa tahu bagaimana merawatnya agar dapat dipakai dalam waktu yang lama.

Namun, laptop dapat cenderung sensitif jika tidak dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Oleh sebab itu, banyak pemilik laptop yang seringkali berurusan dengan tukang service. Jika fatal, kamu bisa jadi harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki laptop yang rusak.

Untuk itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat gadget tersebut agar tidak cepat rusak dan tetap berfungsi dengan baik meskipun sudah lama digunakan. Simak 4 cara-cara lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membeli Laptop Bekas!

4 Cara Merawat Laptop

1. Bersihkan Laptop Secara Rutin dari Debu dan Kotoran

Debu, kotoran, dan jejak jari dapat menumpuk di permukaan laptop dan masuk ke dalam celah-celahnya. Penumpukan debu yang berlebihan dapat menyebabkan laptop menjadi panas dan mengganggu sirkulasi udara yang diperlukan untuk mendinginkan komponen internal. Sehingga, membersihkan laptop secara rutin dengan menggunakan kain lembut dan sedikit cairan pembersih khusus elektronik sangat perlu untuk dilakukan. Namun ingat, untuk menghindari penggunaan bahan kimia yang keras, karena dapat merusak permukaan laptop.

2. Lindungi Laptop dari Benturan dan Guncangan

Laptop adalah perangkat yang rentan terhadap benturan dan guncangan. Pastikan untuk menyimpan laptop dalam tas yang dilengkapi dengan bantalan pelindung yang empuk untuk melindunginya dari benturan saat dibawa bepergian. Hindari juga menjatuhkan laptop atau menempatkannya di tempat yang tidak stabil. Ketika kamu menggunakan laptop di meja atau permukaan lainnya, pastikan untuk menggunakan penopang atau alas untuk menjaga sirkulasi udara yang baik dan menghindari panas berlebih pada laptop.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan