4 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merk Laptop Terbaik, Harga Dibawah Rp7 Juta!

3. Jangan Pakai Laptop di atas Kasur atau Bantal

Seberapa sering kamu meletakkan laptop di atas kasur atau bantal? Hal tersebut pasti pernah kamu lakukan bukan? Padahal meletakkan laptop di atas permukaan yang lembut bisa menyebabkan barang elektronik tersebut lebih cepat rusak. Karena hal tersebut dapat menghalangi aliran udara di bagian bawah laptop dan mencegah kelancaran pengoperasian.

Udara yang dikeluarkan dari laptop akan terhambat karena tertahan oleh kasur atau bantal. Sehingga membuat laptop akan mudah panas dan jika dilakukan secara terus-menerus dapat berakibat fatal, karena bisa merusak komponen laptop.

4. Matikan Laptop dengan Benar

Menggunakan mode “Sleep” atau “Hibernate” pada laptop memang nyaman dan cepat, tetapi untuk menjaga kesehatan laptop, penting untuk mematikan laptop dengan benar sesuai prosedur yang ditentukan. Ini memungkinkan sistem operasi dan komponen lainnya untuk menyelesaikan proses tertentu sebelum benar-benar dimatikan. Pastikan untuk mematikan laptop dengan menekan tombol “Shut Down” atau “Turn Off” pada menu Start, dan tunggu hingga proses selesai sebelum mematikan atau melepaskan daya.

Menerapkan cara merawat laptop dengan baik adalah investasi jangka panjang untuk menjaga performa dan umur laptop milikmu. Dengan menjaga kebersihan, melindungi dari benturan, tidak menaruhnya di tempat lembut dan mematikan dengan benar, akan membuat laptop lebih awet dipakai dalam waktu yang lama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan