Situasi Terkini Kerusakan Dampak Gempa Gunungkidul M6,4

JABAR EKSPRES – Situasi terkini pasca gempa Gunungkidul yang berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat, 30 Juni 2023 sekitar pukul 19.57 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan adanya kerusakan Taman Budaya hingga rumah warga.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gunungkidul Ahmad Riyadi mengatakan berdasarkan informasi dan laporan masuk ke BPBD akibat gempa bumi Gunungkidul terdapat kerusakan ringan hingga kerusakan berat.

Beberapa tempat yang mengalami kerusakan tersebut antara lain Taman Budaya Gunungkidul, Dinas Pendidikan, Pasara Argosari, Kantor BDG, Rusunawa, Polres Gunungkidul hingga beberapa rumah warga.

“Saat ini, kami masih menunggu laporan dari tim reaksei cepat yang ada di wilayah masing-masing,” ujar Ahmad Riyadi, sebagaimana mengutip dari ANTARA.

BACA JUGA: Cara Daftar CPNS 2023 bagi Lulusan SMA dan SMK di sscasn.bkn.go.id

Tak hanya itu, beberapa rumah milik warga rusak ringan hingga parah, termasuk di daerah Semanu, Rongkop, Nglipar, dan Panggang.

“Pendataan masih berlangsung. Tim akan melakukan penilaian tingkat kerusakan rumah milik warga,” tambahnya.

Berdasarkan laporan, total rumah mengalami kerusakan sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang.

Petugas masih melakukan pendataan jumlah rumah terdampak, baik di wilayah DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BACA JUGA: RESMI! Kartu Prakerja Gelombang 56 Sudah Dibuka, Klik Gabung di Sini

Sebaran di Provinsi Jawa tengah yaitu di Kabupaten Kebumen, 8 unit rumah rusak ringan dan 2 unit rumah rusak sedang.

Kabupaten Magelang dan Tegal, rumah rusak masing-masing terdapat 1 unit. Sementara di Kabupaten Purbalingga tercatat 4 unit rumah rusak.

Lalu sebaran di Provinsi Jawa Timur, masih teridentifikasi di Kabupaten Pacitan dengan total rumah rusak sebanyak 28 unit.

Sementara itu, di wilayah DIY, tercatat 30 unit rumah rusak di Kabupaten Bantul dan 19 unit rumah di Kabupaten Gunungkidul.

Selain tempat tinggal, dampak gempa Gunungkidul juga menyasar fasilitas umum, seperti tempat ibadah, sekolah, kesehatan maupun jaringan listrik.

Kerusakan ringan fasilitas ibadah sebanyak satu unit dan jaringan listrik di Kebumen, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Program Kartu Prakerja Gelombang 56 Masih Dibuka, Yuk Segera Login di Sini!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan