PPIH Memastikan Jemaah Haji Masih Mendapat Makan 3 Kali Sehari

JABAR EKSPRES – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan jemaah haji Indonesia mendapatkan makan tiga kali sehari selama fase puncak haji di Arafah dan di Mina.

“Iya jemaah haji akan mendapatkan makanan di Arafah dan Mina. Jumlah makannya sama, tiga kali sehari,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, sebagaimana mengutip dari ANTARA.

Berdasarkan informasi, para jemaah haji selama di Armuzna akan mendapatkan 15 kali makan dengan dua jenis makanan yang diberikan, yaitu makanan siap saji dan makanan yang dimasak di dapur-dapur yang ada di Arafah dan Mina.

BACA JUGA: Tips Memilih Hewan Kurban yang Bebas dari Penyakit

Makanan tersebut akan dibagikan kepada jemaah haji pada saat makan siang 8 Zulhijah atau bersamaan dengan pergerakan jemaah dari Mekkah menuju Arafah.

Dengan demikian, jemaah yang datang akan langsung disediakan makanan tersebut.

Setelah itu, makan siang akan dibagikan kembali pada 9 Zulhijah saat puncak wukuf, dengan jenis makanan siap saji.

Hal tersebut dilakukan agar tidak ada antrian mendapatkan makanan, maka konsumsi jemaah bisa dibagikan lebih awal.

BACA JUGA: Membanggakan! Anak Muda Indonesia Ciptakan Produk AI JennieTest

Setelah itu, makan malan pada 9 Zulhijah, tepatnya pada saat jemaah akan mulai bergerak menuju Muzdalifah.

Kemudian, sarapan pagi pada 10 Zulhijah, saat jemaah baru tiba di Mina, agar makanan sudah langsung siap makan.

Berikutnya, makan siang pada saat jemaah haji akan meninggalkan Mina, baik pada 12 Zulhijah untuk Nafar Awal maupun 13 Zulhijah untuk Nafar Tsani.

Di luar jam-jam tersebut, makanan di Armuzna akan disajikan secara reguler berupa masakan yang dimasak di dapur-dapur yang ada di Arafah dan Mina.

BACA JUGA: Meta Luncurkan Tools Pembuat Musik Pakai AI bernama MusicGen

Adapun menu makanan yang disajikan antara lain mangut lele, rendang ayam, rendang daging, semur, gulai ikan, bubur kacang hijau, kacang merah, dan ketan hitam.

Sementara, menu lauk siap saji akan dipadu dengan nasi putih yang dikemas dlam box dan jemaah haji juga akan mendapatkan buah-buahan dan air mineral seperti yang mereka dapat saat di hotel Mekkah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan