Rayakan Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Cirebon Suguhkan Pertunjukkan Marawis

JABAR EKSPRES — Memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Cirebon menggelar berbagai kegiatan di Stadion Ranggati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu, 1 Juli 2023.

Diawali dengan upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77, aksi baris berbaris Polisi Cilik Kabupaten Cirebon, sampai dengan pertunjukkan musik marawis oleh para pimpinan partai politik.

Dalam kesempatan tersebut, Polresta Cirebon turut mengundang seluruh pemimpin partai politik di wilayah pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Seluruh pimpinan partai politik berkumpul ikut memperingati Hari Bhayangkara ke-77, hal ini dimaksud guna menciptakan pemilu damai, aman, lancar dan kondusif menjelang tahun politik 2024.

BACA JUGA: Prediksi Persib vs Madura United, Bobotoh Geulis: Yakin Menang 2-0 di Laga Pembuka Liga 1

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, menuturkan bahwa kehadiran para pimpinan partai guna memupuk rasa kekeluargaan, keakraban, dan meningkatkan rasa persatuan juga kesatuan.

“Kita juga mengundang pimpinan para partai politik yang ada di lingkup Kabupaten Cirebon, kita hadirkan bersama dengan forkopimda,” katanya.

Cara yang dibangun oleh Polresta Cirebon untuk mendekatkan para pimpinan partai dengan berkolaborasi dalam musik marawis.

“Kita juga berkolaborasi memainkan musik genjring bersama, sholawatan, hal ini menjadi spirit, bagaimana kemudian menghadapi pemilu di Kabupaten Cirebon berjalan aman, kondusif, lancar penuh kekeluargaan, penuh keakraban untuk persatuan kesatuan,” jelasnya.

Hal ini menyesuaikan tema Hari Bhayangkara ke 77 yang telah ditetapkan ialah Pemilu Damai. Melalui permainan marawis para pimpinan partai berdendang sembari duduk bersila diantara para anggota polri yang hadir.

Menurutnya, dari permainan marawis ada pesan yang bisa dipetik oleh para pimpinan partai politik.

“Momentum peringatan Hari Bhayangkara ini sebagai tema pemilu damai, makannya kemudian kita hadirkan para pimpinan partai politik di wilayah Kabupaten Cirebon, ada esensi yang ingin kita sampaikan sekaligus pesan ke masyarakat luas,” bebernya.

Meski demikian, pihaknya berasumsi bahwa komunikasi antar pimpinan parpol telah terjalin, mereka terlihat akrab saat memainkan musik marawis.

“Pertama pimpinan parpol di Kabupaten Cirebon memiliki komunikasi yang erat dan intens karena itu modal awal, kedua mereka siap bergandengan tangan menjaga kondusifitas, sehingga pemilu berjalan aman lancar dan damai,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan