Peringatan Hari Bhayangkara ke-77, Ini Dia Sejarahnya!

JABAR EKSPRES — Setiap tahun, tanggal 1 Juli di Indonesia menjadi Hari Bhayangkara atau terkenal sebagai HUT Polri atau Hari Kepolisian Nasional.

Peringatan Hari Bhayangkara ini merupakan momen penting yang menghargai pengabdian dan dedikasi polisi dalam melindungi masyarakat.

Sebagai hari yang bersejarah bagi institusi kepolisian, Hari Bhayangkara menandai pendirian Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada tahun 1946.

Sejarah Hari Bhayangkara

Peringatan yang terkenal juga sebagai Hari Kepolisian Nasional ini merujuk pada nama Jenderal Bhayangkara. Beliau merupakan tokoh pahlawan nasional Indonesia yang terkenal sebagai Bapak Kepolisian Indonesia.

Pada tanggal 1 Juli 1946, Jenderal Bhayangkara mendapatkan tugas memimpin Polisi Republik Indonesia (PRI), yang kemudian menjadi cikal bakal Polri. Hari ini menjadi hari peringatan untuk memperingati keberanian, integritas, dan pengabdian para polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

BACA JUGA: Twibbon Hari Bhayangkara ke-77, Ramaikan Sekarang Juga!

Hari Bhayangkara memberikan penghormatan kepada polisi yang menjalankan tugasnya dengan dedikasi, membentuk fondasi yang kuat bagi keamanan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Peran polisi Indonesia meliputi perlindungan, pencegahan, penegakan hukum, dan pelayanan masyarakat. Mereka berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban, melawan kejahatan, serta menegakkan hukum dengan adil dan berkeadilan.

Polisi Indonesia juga aktif dalam penanganan bencana, membantu masyarakat dalam situasi krisis, dan memastikan keamanan di masa-masa sulit. Dalam menjalankan tugasnya, polisi Indonesia bekerja berdasarkan prinsip profesionalisme, transparansi, dan akuntabilitas.

Mereka berusaha membangun kepercayaan dan hubungan harmonis dengan masyarakat, mendorong partisipasi aktif warga dalam memelihara keamanan lingkungan tempat tinggal mereka.

Apa yang Dilakukan di Perayaan Hari Bhayangkara?

Ada berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan dalam peringatan Hari Bhayangkara ini di seluruh Indonesia. Acara peringatan melibatkan parade, upacara bendera, dan pemberian penghargaan kepada polisi yang telah berjasa dalam melindungi masyarakat.

BACA JUGA: Jadwal Tayang RTV Hari Sabtu, 1 Juli 2023

Masyarakat juga berpartisipasi dengan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada polisi yang bertugas di sekitar mereka. Media sosial dan platform komunikasi lainnya digunakan untuk menyampaikan dukungan dan terima kasih kepada polisi Indonesia yang berdedikasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan