Festival Soekaboemi Tempo Doeloe, Ajak Masyarakat Kenang Sejarah!

JABAR EKSPRES, Sukabumi – Festival Soekaboemi Tempo Doeloe (STD) diadakan untuk mengajak masyarakat bernostalgia dan mengenang sejarah Kota Sukabumi. Festival tersebut berlokasi di Wisma Wisnu Wardhani, Jalan Bhayangkara Nomor 219, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

“Ada satu pepatah dari bahasa arab yang mengatakan, sejarah itu akan berulang. Maka dari itu, kita harus mengulang-ngulang sejarah, karena kita tidak ingin melupakan sejarah, dan ini yang diingatkan benar oleh proklamator kita, jangan melupakan sejarah,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, dalam sesi sambutannya pada Sabtu, 1 Juni 2023.

Selain itu, Fahmi menyampaikan, Sukabumi menjadi salah satu lokus perjuangan yang membawa Indonesia merdeka.

Baca juga: Upacara HUT ke-77 Bhayangkara, Kapolres Sumedang: Perjalanan ini Tidak Mudah

“Fakta, data, dan sejarah megatakan, Sukabumi menjadi salah satu lokus perjuangan yang tidak bisa dipungkiri memberikan kontribusi untuk kemerdekaan Indonesia,” lanjutnya.

Penjelasan mengenai salah satu pahlawan Nasional yang berasal dari Kota Sukabumi turut Fahmi berikan.

“Ada pahlawan Nasional asal Sukabumi yang baru saja di anugrahi gelar pahlawan, yaitu K.H. Ahmad Sanusi,” sambung Fahmi.

Sementara itu, dirinya juga mengungkapkan, Kota Sukabumi menjadi prioritas dan pantauan Hindia Belanda untuk singgah.

“Sukabumi mendapatkan julukan Nizza Van Java. Hal itu menunjukan bahwa secara sejarah kota Sukabumi sudah dalam pantauan atau prioritas Hindia Belanda. Itulah kenapa Sukabumi disebut sebagai Nizza Van Java, kota yang memabukan, kota yang mempesona,” pungkas Fahmi.

Ketua panitia pelaksana, Irman Firmansyah (46), berharap agar agenda Festival Soekabumi Tempo Doeloe ini bisa menjadi event nasional yang bisa mengedukasi masyarakat.

“Harapan saya (Festival Soekaboemi Tempo Doeloe) ini bisa menjadi event nasional, di mana orang-orang bisa berdatangan dari Indonesia dan luar Negeri. Karena kalo sudah jadi event nasional ini bisa menjadi magnet yang membawa efek domino untuk bidang-bidang lain seperti, UMKM, travel, transportasi, dan Lain-lain,” tandas Irman kepada wartawan.

Dalam pantauan JabarEkspres.com, agenda Festival Soekabumi Tempoe Doeloe ini berlangsung selama dua hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Agenda ini dimulai dari tanggal 1-2 Juli 2023. (Mg9)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan