Platform Game Steam Larang Konten Game Berbasis AI

JABAR EKSPRES- Valve dilaporkan telah menghalangi penjualan game dengan konten yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI) di platform Steam, namun tindakan Valve tersebut dianggap tidak konsisten dengan kebijakan sebelumnya.

Menurut NME pada Kamis (29/6), Steam telah mengambil sikap yang tegas dengan tidak lagi menyetujui game yang dihasilkan oleh AI.

Simon Carless, seorang veteran industri, mengungkapkan bahwa game yang dia ajukan yang mengandung gambar hasil dari AI telah diblokir oleh Steam.

“Saya mencoba merilis game sekitar sebulan yang lalu, dengan beberapa aset yang jelas dihasilkan oleh AI,” kata Simon seperti yang diunggah di Reddit.

“Rencana saya adalah untuk hanya mengirimkan versi permainan yang kasar, dengan 2-3 aset/sprite yang jelas-jelas dihasilkan oleh AI, dan untuk memperbaikinya sebelum benar-benar merilis game karena saya tidak tahu bahwa Steam memiliki masalah dengan seni yang dihasilkan oleh AI,” tambahnya.

Namun, ia menerima tanggapan melalui email yang menyatakan, “Sementara kami berusaha untuk menyetujui sebagian besar judul yang diajukan kepada kami, kami tidak dapat menyetujui game yang dikembangkan oleh pihak yang tidak memiliki semua hak yang diperlukan.”

“Setelah meninjau, kami menemukan bahwa [Nama Game] terdapat kekayaan intelektual yang tampaknya dimiliki oleh pihak ketiga. Secara khusus, [Nama Game] berisi aset seni yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan yang mengandalkan materi hak cipta milik pihak ketiga.”

“Karena kepemilikan hukum atas seni yang dihasilkan oleh AI ini tidak jelas, kami tidak dapat menyetujui game Anda jika game tersebut berisi aset yang dihasilkan oleh AI ini, kecuali jika Anda dapat dengan jelas mengkonfirmasi bahwa Anda memiliki hak atas semua hak kekayaan intelektual yang digunakan dalam set data pelatihan AI untuk membuat aset dalam game Anda,” demikian tertulis dalam email tersebut.

Pada dasarnya, Steam memberikan kesempatan kepada pengembang untuk menghapus konten yang tidak sah yang dimiliki.

“Jika Anda gagal menghapus semua konten tersebut, kami tidak akan dapat menyetujui game Anda di Steam, dan game tersebut akan dilarang,” demikian disebutkan dalam surat yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan