Kabar Baik Bagi Warga Bandung! Udara Dingin Pagi Hari Bisa Bantu Bakar Lemak pada Pria!

JABAR EKSPRES- Pemaparan terhadap udara dingin pada pagi hari dapat membantu membakar lemak pada pria dan berpotensi membantu mengurangi berat badan, seperti yang dilaporkan oleh Medical Daily.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lemak pada pria lebih mudah terbakar ketika terpapar udara dingin pada pagi hari dibandingkan dengan malam hari, namun hal ini tidak berlaku bagi wanita.

Penelitian tersebut berfokus pada bagaimana paparan udara dingin dapat merangsang pembakaran lemak jaringan adiposa cokelat untuk mengatur suhu tubuh dan membakar kalori. Lemak cokelat adalah jenis lemak dalam tubuh yang berperan dalam menghasilkan panas tubuh ketika terpapar suhu dingin sebelum seseorang mulai menggigil.

Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi bagaimana ritme sirkadian atau siklus internal tubuh manusia selama 24 jam mempengaruhi pembakaran lemak pada pria dan wanita.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa waktu optimal untuk terpapar udara dingin adalah pada titik tertentu dalam siklus 24 jam tubuh,” kata Mariëtte Boon dari Leiden University Medical Center, yang menjadi penulis riset tersebut.

Dia menambahkan bahwa terdapat perbedaan respons tubuh terhadap metabolisme pada waktu tertentu antara pria dan wanita, sehingga terapi paparan udara dingin pada pagi hari lebih bermanfaat bagi pria.

Dalam penelitian ini, 24 partisipan yang terdiri dari pria dan wanita diuji dengan tidur di atas matras berisi air dengan suhu 48 derajat Fahrenheit (8,8 derajat Celsius) selama 90 menit. Para peneliti mengukur pengeluaran energi dan suhu kulit para partisipan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria memiliki perbedaan yang signifikan pada pagi hari dalam hal pengeluaran energi dan suhu kulit akibat paparan udara dingin, sementara pada wanita tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pagi dan malam hari.

Para peneliti percaya bahwa penelitian ini merupakan langkah penting pertama dalam menyelidiki efek ritme sirkadian terhadap pengaruh paparan tersebut terhadap metabolisme lemak.

Selain itu, mereka juga sedang menyelidiki dampak paparan udara dingin secara berulang pada pagi hari terhadap perbaikan kesehatan kardiometabolik pada pria obesitas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan